Rabu, 26 April 2017

Mentan Sarankan Petani Manfaatkan UPGB Bulog

id menteri pertanian suswono, maros sulsel, upgb bulog
Mentan Sarankan Petani Manfaatkan UPGB Bulog
MAKASSAR - PANEN RAYA. Menteri Pertanian, Suswono (kiri), Menko Perekonomian, Hatta Rajasa (tengah), dan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasim Limpo (kanan). menunjukkan padi pada panen raya di Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulsel, Selasa (30/11). Panen ray
Maros, Sulsel (ANTARA News) - Menteri Pertanian Suswono menyarankan petani di Sulawesi Selatan agar memanfaatkan Unit Pengolahan Gabah Beras (UPGB) milik Bulog untuk memperbaiki kualitas beras.

"Tolong berikan kesempatan daerah meminjam. Pemerintah daerah memfasilitasi dengan memberikan subsidi bahan bakarnya," ujarnya di Maros, Selasa, usai melakukan panen raya, penebaran bibit dan peresmian jaringan irigasi terpadu di salah satu daerah sentra beras Sulsel tersebut.

Dengan demikian diharapkan beras dapat langsung setelah diproses di UPGB Bulog, lanjut dia.
Langkah ini dapat dilakukan sebagai solusi jika harga beras petani tengah mengalami penurunan drastis karena kualitasnya buruk akibat kondisi cuaca yang tidak menentu seperti musim hujan berkepanjangan.

Pemerintah, katanya, sedang berupaya membantu penyediaan alat pengering. Namun, hingga kini belum ditemukan alat pengering yang harganya sesuai dengan kemampuan pemerintah.

Langkah lain untuk memperbaiki kualitas beras produksi petani adalah target pembuatan embung atau kolam tampungan air di setiap kecamatan disamping pembagian pompa air yang terus berjalan, kata Suswono.

Pada kesempatan tersebut, Mentan juga secara langsung menyerahkan bantuan 60 unit pompa air kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Selain itu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa juga menyerahkan bantuan bibit padi dan jagung, 14 unit traktor masing-masing ke tiga kelompok tani di Maros.(T.KR-RY/S022)

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Baca Juga