Makassar (ANTARA News) - Universitas Andi Djemma Palopo di Sulawesi Selatan diharapkan berubah status menjadi perguruan tinggi negeri pada 2011.

Dengan perubahan itu berarti Universitas Andi Djemma Palopo akan menjadi PTN keempat setelah Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin, kata Rektor Universitas Andi Djemma Prof Dr Lauddin Marsuni di Makassar, Selasa.

Lauddin mengatakan, pihaknya bersama dengan pengurus yayasan To Ciung dan bupati/wali kota serta empat pimpinan DPRD se- Tanah Luwu telah melakukan ekspose di Komisi X DPR dan mendapat dukungan dari komisi yang membidangi sektor pendidikan tersebut.

Untuk memperoleh status PTN bagi Universitas Andi Djemma, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Ketua DPRD Sulsel M Roem memberi rekomendasi dan telah dibahas di DPR, ujar Lauddin.

Selain itu, ujar Lauddin, bupati/wali kota dan ketua DPRD se-Tanah Luwu juga merekomendasikan perubahan status Universitas Andi Djemma menjadi PTN.

Di Sulsel hanya dua Universitas Negeri yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Nasional yakni Unhas dan UNM, sedangkan UIN berada di bawah Kementerian Agama.

Salah satu pertimbangan Universitas Andi Djemma diusulkan berubah status menjadi PTN adalah jumlah lulusan SMA dan sederajat di empat kabupaten/kota di Tanah Luwu mencapai 8.000 orang setiap tahun, sementara daya tampung PTN di Makassar terbatas.

Karena itu, jika Univesitas Andi Djemma menjadi PTN, lulusan SLTA di Tanah Luwu tidak lagi memilih PTN di Makassar tetapi memilih PTN setempat, ujar Lauddin Marsuni. (T.S016/N002) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar