Berita Terkait
Makassar (ANTARA News) - Panitia Seleksi calon komisioner Komisi Informasi Publik Sulawesi Selatan melakukan seleksi untuk mengisi lembaga baru tersebut.

"Seleksi dilakukan selama tiga hari 31 Januari 2011 hingga 2 Februari 2011 untuk memilih lima calon komisioner," kata Ketua Tim Seleksi KIP Sulsel DR Iqbal Sultan di Makassar, Rabu.

Menurut dia, tes untuk uji kepatutan dan kelayakan itu dilakukan pada delapan orang calon komisioner dari 12 orang yang terseleksi.

Dari delapan orang yang mengikuti seleksi, lanjut dia, akan dipilih lima orang yang terbaik sebagai calon komisioner KIP Sulsel.

Dia mengatakan, meskipun KIP itu merupakan lembaga baru, namun peserta yang mengikuti tes termasuk wawancara, menunjukkan bahwa mereka cukup menguasai materi yang ditanyakan oleh tim seleksi.

Kehadiran KIP sendiri sebagai lembaga yang akan mengawal penerbitan regulasi Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Pentingnya, keterbukaan informasi publik itu agar penyelenggara negara lebih transparan dalam menjalankan tugasnya dan dapat memberikan informasi kepada publik, tanpa ditutup-tutupi karena kepentingan politik.

"Setelah dilakukan uji kepatutan dan kelayakan ini, diharapkan yang terpilih adalah yang terbaik dan dapat menjalankan amanah sesuai undang-undang," katanya. (T.S036/S016)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar