Berita Terkait
Mamuju (ANTARA News) - Jumlah kuota sementara calon haji Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci pada 2011 sekitar 1.427 orang.

Pelaksana Tugas Bidang Haji Kementerian Agama Provinsi Sulbar, Misbahuddin, di Mamuju Sabtu mengatakan kuota calon haji untuk Provinsi Sulbar ditetapkan sementara pemerintah pusat sekitar 1427 orang.

Ia mengatakan, jumlah kuota calon haji sementara di Sulbar pada 2011 itu, tidak mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun sebelumnya.

"Tetapi Kementerian Agama (Kemenag) Sulbar masih menunggu apakah ada tambahan kuota jemaah haji Sulbar atau tidak berdasarkan keputusan Presiden RI,"katanya.

Ia mengatakan, kuota calon haji Sulbar 1427 orang itu diantaranya terdapat di Kabupaten Polewali Mandar dengan kuota sekitar 500 orang, Kabupaten Mamuju sekitar 416 orang.

Kemudian Kabupaten Majene sekitar 250 orang, Kabupaten Mamuju Utara sebesar 154 orang serta Kabupaten Mamasa sebanyak 107 orang.

Sementara itu kata dia, besarnya biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) bagi calon haji di Sulbar belum ditetapkan Kemenag Sulbar karena besarnya BPIH masih menunggu keputusan pusat.

"Belum jelas berapa biaya BPIH, sehingga calon haji Sulbar yang masuk dalam kuota belum bisa melaksanakan pendaftaran di Kemenag Sulbar sebagai Calhaj yang akan ketanah suci pada tahun ini,"katanya.

Namun kata dia, pelunasan BPIH dari calon haji Sulbar akan diupayakan pada akhir bulan ini.

Begitu juga jadwal pemberangkatan calon haji Sulbar dan pembagian kloter belum ditetapkan karena masih menunggu, ketetapan pemerintah pusat.

Ia mengatakan, jumlah kuota sementara untuk Sulbar itu dianggap sangat kecil jika dibandingkan dengan daftar tunggu calon haji Sulbar yang diperkirakan butuh lima tahun untuk dapat memberangkatkannya ke tanah suci.(T.KR-MFH/K005) 




Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar