Makassar (ANTARA News) - Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan diresmikan pada 23 Januari 2012.

Sekretaris Provinsi Sulsel Andi Muallim di Makassar, Jumat, mengungkapkan rencana tersebut usai menerima kunjungan tim Perencanaan dan Analisa Kementerian Dalam Negeri untuk mengevaluasi dan melakukan koordinasi pembangunan kampus.

"Ini proyek 2011 jadi harus selesai paling lambat 31 desember 2011 sehingga rencananya Kemendagri diresmikan 23 Januari 2012. Pembangunannya hampir rampung," katanya.

Pemerintah provinsi, menjanjikan pembangunan jembatan masuk ke dalam kampus yang tidak masuk dalam anggaran pembangunan kampus yang dialokasi dalam APBN. Sedangkan Pemerintah Kabupaten Gowa memberikan dukungan penyelesaian persoalan lahan dan perbaikan jalan masuk.

"Pembuatan jalan permanen dan lebar dijanjikan Gowa tahun depan. Perbaikan yang dilakukan untuk memuluskan dan sebagainya," katanya.

Ia menambahkan, luas lahan milik pemerintah provinsi yang dijadikan lokasi pembangunan mencapai 14 hektare, awalnya, akan dibanguni rumah sakit kusta namun masyarakat setempat keberatan sehingga dibatalkan.

Sebelumnya, ia mengatakan target penyelesaian pembangunan gedung dan fasilitas kampus direncanakan 23 Maret 2012 sesuai dengan dimulainya masa perkuliahan.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada peletakan baru pertama pembangunan Kampus IPDN di Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa meminta agar pelaksana proyek melaksanakan proyek pembangunan kampus sesuai jadwal.

Kementerian Dalam Negeri seperti yang diungkapkan Sekretaris Jenderal Kemendagri Diah Anggraeni mengatakan, pembangunan tahap pertama ditargetkan selesai 90 hari kerja mulai 1 Oktober - 29 Desember 2010.

Tahap pertama pembangunan kampus di atas lahan seluas 14 hektare tersebut terdiri atas gedung perkuliahan asrama praja putra, gedung menza dan asrama praja putri.

Kampus yang akan menampung 400 calon praja ini menggunakan anggaran sebesar Rp180 miliar untuk kedua tahap pembangunan dalam dua tahun anggaran. (T.KR-RY/S006)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar