Selasa, 30 Mei 2017

Pameran PDN Upaya Antisipasi Perdagangan Bebas

id pdn expo makassar, agus arifin nu'mang, perdagangan bebas
Pameran PDN Upaya Antisipasi Perdagangan Bebas
MAKASSAR, SULSEL - KUPU-KUPU BULU ANGSA. Sejumlah pengunjung melintas di arena Pameran Produksi Dalam Negeri dan Produk Kreatif Nusantara di Celebes Convention Center, Makassar, Sulsel, Kamis (24/11). Pameran yang diikuti sejumlah instansi pemerintah
Makassar (ANTARA News) - Pameran Produksi Dalam Negeri dan Produk Kreatif Nusantara (PDN Expo) 2011 di Makassar, 24-27 November 2011, menjadi bagian upaya mengantisipasi persaingan perdagangan bebas.

Hal itu dikemukakan Wakil Gubernur Agus Arifin Nu'mang di Makassar, Kamis, pada pembukaan pameran diikuti 90 peserta yang terdiri atas Badan Usaha Milik Daerah, Badan Usaha Milik Negara, pemerintah provinsi, kabupaten, perusahaan swasta dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pameran yang untuk pertamakalinya digelar di luar pulau Jawa ini, diharapkan menjadi wadah yang tepat untuk membangun jejaring dan perluasan pasar dari produk-produk dalam negeri dari berbagai daerah di Indonesia yang kini tengah mengalami perkembangan pesat.

Sehingga kualitas produk-produk dalam negeri semakin dikenal luas dan memiliki kemampuan daya bersaing menembus pasar dalam dan luar negeri, terutama dalam menghadapi Asean-China Free Trade Area (ACFTA) dan Asean Free Trade Area (AFTA) pada 2015.

Pameran ini didesain khusus untuk mempertemukan produsen, distributor dan masyarakat konsumen potensial sehingga jejaring pemasaran produsen semakin luas, meningkatkan perdagangan antar daerah dan memunculkan produk-produk berkualitas, unggulan dan kreatif dari daerah.

Sejumlah produk yang ditampilkan oleh para peserta adalah kerajinan tangan, busana, makanan dan minuman termasuk komoditas pertanian, perkebunan, kelautan, perikanan, kehutanan, pertambangan dan energi serta pariwisata yang dikembangkan pemerintah daerah dan kalangan dunia usaha termasuk usaha mikro, kecil menengah dan koperasi.

Meski baru setengah dari keseluruhan anjungan dalam pameran yang terisi, penyelenggara mengharapkan, minat keikutsertaan para pelaku usaha dalam pameran tahunan ini berikutnya dapat terus meningkat.

Pameran terselenggara atas kerja sama PT Aira Mitra Media dengan Pemerintah Provinsi Sulsel didukung Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM RI dan sejumlah asosiasi terkait.(T.KR-RY/S016)

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2011

Baca Juga