Berita Terkait
Mamuju (ANTARA News) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan anggaran untuk program pembangunan depo dan gudang rumput laut di Provinsi Sulawesi Barat.

"Menteri KKP, Syarif C. Sutardjo, telah menyerahkan secara simbolis bantuan anggaran untuk pembangunan depo rumput laut kepada Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, baru-baru ini," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulbar Ir. Haruna Hamal di Mamuju, Minggu.

Disebutkan, besarnya dana yang diberikan oleh KKP pada tahun anggaran 2012 ini sebesar Rp1 miliar.

Haruna Hamal menjelaskan bahwa pembangunan depo rumput laut ini bertujuan untuk mendorong investor memberikan jaminan pemasarannya.

"Kami berharap agar bantuan itu semakin memotivasi kelompok tani pengembangan budidaya rumput laut yang tersebar pada beberapa kabupaten di Sulbar," kata dia.

Ia mengatakan bahwa pengembangan rumput laut terbesar di Sulbar terdapat di Kabupaten Polman dan Kabupaten Mamuju.

Kementerian Keluatan dan Perikanan, kata dia, sangat serius mengembangkan budidaya rumput laut yang saat ini harganya cukup menjanjikan.

"Tidak hanya Sulbar yang mendapatkan bantuan pembangunan depo rumput laut, tetapi beberapa daerah di kawasan Indonesia bagian timur juga mendapatkan bantuan yang sama," katanya.

Ia lantas menyebutkan sejumlah provinsi yang menerima bantuan itu, antara lain Provinsi Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengara, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Riau, dan Bangka Belitung.

Haruna Hamal mengatakan bahwa pengembangan rumput laut di Sulbar sangat menjanjikan karena potensi lahan yang tersedia sangat banyak.

"Kami banyak berharap, pembudidaya rumput laut semakin bergairah untuk mengembangkannya. Apalagi, dengan terbangunnya depo rumput laut ini juga mendorong investor turut membangun industri pengolahan rumput laut di Sulbar," katanya. (T.KR-ACO/D007)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar