Mamuju (ANTARA News) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Barat, menghimbau agar Satuan Kerja Perangkat Daerah mapan memprogramkan sesuai isu stretgis pelaksanaan pembangunan di daerah.

"Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus cerdas menyusun program sesuai isu stretgis. Jangan, membuat program asal-asalan,"kata Kepala Bappeda, Prof.Akbar Thahir saat menyampaikan sambutannya dalam acara penutupan Bimbingan Tekhnik Penyusunan Rencana Strategis SKPD yang digelar di Hotel D Maleo, Mamuju, Rabu.

Menurutnya, isu strategis setiap SKPD setidaknya lima program strategis sesuai dengan tugas pokok dan funsi (Tupoksi) SKPD itu sendiri.

"Program isu strategis tidak perlu bermacam-macam. Cukup setiap SKPD membuat lima program strategis yang terintegrasi dengan program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh gubernur bersama wakil gubernur,"katanya.

Akbar Thahir mengatakan, ada empat kebijakan pokok yang sementara dijalankan oleh pemprov Sulbar yakni masalah pengentasan kemiskinan, menggenjot perbaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), sanitasi pencapaian MDGs yang saat ini masih jauh dari apa yang diharapkan.

"Sanitasi pencapaian MDGs masih jauh dari apa yang kita harapkan. Misalnya, kurangnya sarana air bersih, rumah kumuh dan berbagai persoalan sosial lainnya,"ungkap dia.

Ia juga mengatakan, setiap SKPD harusnya mampu memprediksi beban anggaran setiap tahun.

"Ini penting agar penyusunan program oleh setiap SKPD benar-benar sesuai dengan kemanpuan anggaran daerah,"tuturnya.

Akbar menambahkan, jika setiap SKPD fokus melaksanakan dari lima program strategis maka percepatan pembangunan dan pengentasan kemiskinan akan bisa dilalui secara optimal. (T.KR-ACO/S006)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar