Makassar (ANTARA News) - Harga kelapa muda atau kelapa hijau naik dari harga Rp5 ribu per buah menjadi Rp7 ribu per buah, karena permintaan meningkat.

"Sebenarnya persediaan kelapa muda cukup stabil, namun karena permintaan meningkat pada Ramadhan ini, harga yang diperoleh dari distributor mengalami kenaikan," kata salah seorang penjual kelapa muda Daeng Hasnah di kawasan Masjid Al-Markaz Jend M Jusuf, Makassar, Sabtu.

Akibat adanya kenikan harga kelapa dari pihak distributor, lanjut dia, terpaksa harga eceran kelapa muda itu disesuaikan.

Hal senada dikemukakan penjual kelapa di Jalan AP Pettarani, Makassar Mahmud.

Dia mengatakan, kalau sebelum Ramadhan harga kelapa yang diperoleh dari pihak distributor rata-rata Rp5 ribu per buah, sehingga masih dijual seharga Rp6 ribu per buah.

Namun setelah memasuki Ramadhan, harga kelapa itu naik menjadi Rp6 ribu per buah, sehingga pedagang pengecer juga menaikkan harga.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang pembeli Sitti Jumriah mengatakan, meskipun harga kelapa muda mengalami kenaikan, namun tetap dibeli karena menjadi salah satu hidangan buka puasa.

"Sudah menjadi tradisi kami, setiap berbuka puasa diawali dengan minuman air kelapa dan serutan kelapa muda. Kata orang, air kelapa dapat menyegarkan dan memulihkan stamina setelah berpuasa," katanya.

Selain kelapa muda banyak diminati pembeli meskipun mengalami kenaikan harga, kue-kue tradisional seperti katerisala, pisang ijo dan nagasari, juga laris dibeli pada saat menjelang buka puasa.

Harga kue tradisional itu pada Ramadhan tahun lalu masih dipatok tiga buah Rp2.000, kini rata-rata dijual Rp1.000 per buah, dengan alasan harga bahan baku utama dari kue itu yakni gula pasir dan terigu mengalami kenaikan yang cukup signifikan. (T.S036/Y008) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar