Makassar (ANTARA Sulsel) - General Motor (GM) Makassar membantah distribusi penjualan terganggu menyusul kabar bahwa industri mobil keluaran Amerika tersebut bangkrut akibat resesi.

Marketing Manager GM, Syarifuddin di Makassar, Selasa, menegaskan kabar bangkrut tersebut sama sekali tidak ada pengaruhnya terhadap penjualan di Makassar.

Bahkan Chevrolet, salah satu merek GM yang didistribusikan di Indonesia, berhasil terjual 1000 unit langsung kepada konsumen perorangan, per Juni 2009 dari target 2600 unit tahun ini, didominasi oleh Captiva dengan harga Rp306 juta untuk manual dan Rp318 untuk otomatis.

Justru rencananya, GM akan membuka dua agen penjualan tambahan di Indonesia untuk membantu meningkatkan penjualan jenis terbaru Chevrolet, AWD (All Whell Drive) seharga Rp395 juta, yang baru-baru ini diluncurkan meramaikan kelas SUV yang memikat hati konsumen dengan pesanan tunggu 18 unit.

Menurut Syarifuddin, Managing Director GM Indonesia, Mukiyat Suktikno, Selasa pagi, buru-buru melakukan teleconfrence dengan seluruh agen penjualannya untuk menyatakan bahwa perusahaan otomotif yang telah berdiri satu abad itu tidak bangkrut dan meminta agar para agen segera meluruskan kabar tersebut.

Menurut Mukiyat, GM motor Amerika tidak bangkrut, tetapi hanya melakukan restrukturisasi, salah satunya dengan rencana pengurangan nama merek dari 32 merek yang dirilis selama ini yang dianggap sudah terlalu gemuk.

Ia menambahkan, restrukturisasi itupun hanya dilakukan di Amerika dari empat wilayah distribusi GM di dunia yaitu Amerika, Amerika Latin, Asia Pasific dan Asia.

Indonesia sendiri masuk dalam wilayah Asia yang dikendalikan oleh Korea dan mengimpor langsung dari pabrikan di Thailand.

Perusahaan otomotif ini mulai mengembangkan sayapnya di Makassar sejak tahun 1970-an. meski sempat tutup, namun muncul lagi di tahun 1990-an dengan jenis Blazer.

Sementara, kabar GM pailit, tersiar sejak Februari 2009, mulai dari menutup pabrikan hingga merumahkan karyawan akibat krisis ekonomi global.

(T.PSO-100/F003)

COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar