Jayapura (ANTARA News) - Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano meminta kontingen Pramuka Kota Jayapura selaku tuan rumah, menjadi peserta yang terbaik pada dalam ajang Raimuna Nasional X di Bumi Perkemahan (Buper) Phokela, Waena, Kota Jayapura, Papua.

"Kontingen Kota Jayapura jadilah yang terbaik. terbaik dalam tutur kata dan terbaik dalam pergaulan, dan terbaik dalam berkomunikasi serta memperkenalkan Papua yang memiliki keanekaragaman budaya, suku dan bahasa, kepada peserta lain," katanya di Jayapura, Jumat, saat melepas secara resmi kontingen Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Jayapura yang akan mengikuti Raimuna Nasional X.

Melalui kegiatan tersebut, Tommy Mano berharap perwakilan kota Jayapura dapat memberikan pengetahuan dan keharmonisan yang tercipta di Papua kepada peserta lain dari berbagai daerah di Indonesia.

"Saya berharap adik-adik mampu berperan sebagai pemberi informasi dan keterangan kepada yang lain tentang keunikan yang terdapat di Papua dan khususnya Kota Jayapura," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Jayapura Anthoni Y Imbenay menjelaskan, kontingen Kota Jayapura yang berjumlah 60 orang peserta yang terdiri atas 32 orang Pramuka Penegak dan Pandega, lima orang Komcab, empat orang pendamping dan 19 orang peninjau.

"Kontingen kita sudah dipersiapkan dengan berbagai pembekalan guna mengikuti kegiatan mental spiritual, kegiatan ilmu pengetahuan dan Teknologi dan kegiatan perkemahan induk yang dipusatkan di Buper Phokela, Waena," katanya.

Raimuna Nasional ke-10 mengangkat tema "Pramuka Indonesia Bersama Membangun Tanah Papua" akan berlangsung pada 8-15 Oktober diikuti sekitar 5.000 anggota pramuka penegak dari seluruh Indonesia dan utusan negara sahabat.

Selain mengikuti berbagai kegiatan kepramukaan yang dipusatkan di Buper Phokela, Waena, Kota Jayapura, para peserta juga dijadwalkan mengunjungi beberapa lokasi wisata misalnya air terjun di Ifar Gunung, wisata laut di Tablanusu, museum dan wisata bahari di Pantai Hamadi. (T.KR-DRS/S023)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar