Ilham: Hargai

MAKASSAR - Calon Gubernur Sulsel Ilham Arier Sirajuddin (dua kanan) bersama istri Aliyah Mustika (dua kiri) dan kedua anaknya, menunjukkan surat suara saat menggunakan hak suaranya di TPS 010 Kelurahan Maricaya Baru, Makassar, Sulsel, Selasa (22/1).

Berita Terkait
Makassar (ANTARA News) - Calon Gubernur Sulawesi Selatan Ilham Arief Sirajuddin menyatakan menghargai kerja "quick count" (hitung cepat) oleh lembaga survei tetapi tetap menunggu "real count" (hitungan menyeluruh) Pilgub Sulsel 2013-2018.

Hal itu dikemukakan Ilham Arief Sirajuddin yang juga Wali Kota Makassar di Makassar, Selasa, menanggapi hasil hitung cepat beberapa lembaga survei yang bekerjasama dengan beberapa stasion televisi swasta nasional dan daerah yang hampir seluruhnya pasangan nomor urut dua Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu`mang (patahana) menang Pilgub hitung cepat dengan capaian di atas 50 persen.

Sedangkan pasangan nomor urut satu Ilham Arief Sirajuddin-Azis Qahhar Mudzakkar capaiannya sekitar 40 persen lebih dan pasangan nomor urut tiga Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasengringi dengan capaian di bawah 10 persen.

Lembaga survei nasional dan daerah tersebut seperi Indobarometer, JSI, LSI, CSI, Adhiyaksa Suporting House dan lainnya rata-rata menggunakan sampling 300-400 TPS dari 15 ribu lebih TPS yang ada.

"Sudah pasti hanya satu pemenang Pilgub Sulsel dan saya siap menang serta siap kalah, namun menang-kalah tersebut baru akan terlihat jelas dari real count oleh pihak penyelenggara pilkada KPU. Saat ini pun tim saya terus melakukan perhitungan real count dan hingga hitungan saat ini sekitar 800 TPS dari 15 ribu lebih TPS, kami masih menang," ujarnya.

Pilgub Sulsel yang berlangsung hari ini (22/1) mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WITA diikuti tiga pasangan calon dengan pemilih tetap terdaftar sebanyak 6.279.350 jiwa dengan 15.601 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 23 kabupaten/kota se Sulsel.

Tiga pasang calon Gubernur Sulsel yang bertarung pada Pilgub Sulsel masing-masing nomor urut satu H Ilham Arief Sirajuddin (Wali Kota Makassar yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel) berpasangan dengan Aziz Qahhar Mudzakkar (anggota DPD RI).

Nomor urut dua H Syahrul Yasin Limpo (Incumbent Gubernur Sulsel yang juga Ketua DPD Partai Golkar Sulsel) berpasangan dengan H Agus Arifin Nu`mang (Incumbent Wakil Gubernur Sulsel) dan nomor urut tiga Andi Rudiyanto Asapa (Bupati Sinjai yang juga Ketua Partai Gerindra Sulsel) berpasangan dengan Andi Nawir (Anggota DPRD Sulsel).

Khusus di Makassar, pilgub berlangsung dalam suasana hujan, namun tidak mengurangi antusiasme masyarakat untuk mengikuti pesta demokrasi pemilihan Gubernur Sulsel tersebut. (T.KR-MH/F003)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar