Berita Terkait
Mamuju (Antara News) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat, mengerahkan sebanyak 1.300 petugas pendata Sensus Pertanian yang nantinya akan dilaksanakan serentak secara nasional mulai tanggal 1 hingga 31 Mei 2013.

"Petugas direkrut dari masing-masing desa setempat. Ini dilakukan karena warga lebih mengetahui daerahnya hasil rekomendasi lurah atau aparat desa setempat," kata Kepala BPS Sulbar Setianto di Mamuju, Sabtu.

Menurut dia, Sensus Pertanian (ST) 2013 merupakan momentum yang sangat tepat untuk membangun basis data pertanian yang lengkap serta perkembangan usaha rakyat yang selama ini sempat terabaikan dari perencanaan.

"Apabila sudah terdata lengkap, maka pemerintah provinsi dapat merancang dan memprogramkan dengan baik semua masalah pertanian secara luas, mengingat di Sulbar masih banyak potensi yang harus selalu digali," ungkapnya.

Ia menyampaikan, kegiataan sensus pertanian ini dilakukan sekali dalam rentang waktu 10 tahun. Hasil pencacahan ini bakal menjadi kerangka dasar atau database sektor pertanian di Sulbar sehingga bisa lebih memperbaharui data pertanian yang diperlukan guna mempertajam program pembangunan di daerah ini.

Setianto menyampaikan, sasaran pelaksanaan sensus ini tentunya bagi yang mencakup pertanian diantaranya petani, rumah tangga yang mengembangkan usaha pertanian, perusahaan bidang pertanian maupun lembaga yang mengembangkan di sektor pertanian.

Dia menyampaikan, petugas yang dipersiapkan melakukan pendataan telah diberikan pembekalan atau pelatihan terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) pencacahan yang benar.

"Kita minta dukungan semua masyarakat untuk menyukseskan pendataan ini. Caranya, masyarakat atau responden untuk menyampaikan data secara benar dan jujur ketika petugas melakukan pendataan," pintanya.`

Setianto menambahkan, hasil pendataan ini nantinya akan disampaikan langsung oleh Presiden, Susilo Bambang Yudhoyo pada Agustus 2013. (Editor : R Chaidir)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar