Makassar (ANTARA Sulsel) - Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar akan membuka program studi strata tiga (S3) Manajemen.

"Pembukaan prodi itu merupakan tuntutan dari alumni yang menyebar di kawasan timur Indonesia," kata Dekan FE Unismuh Makassar Dr H Mahmud Nuhung MM di Makassar, Jumat.

Menurut dia, syarat administrasi untuk pembukaan program doktoral itu sudah terpenuhi, termasuk sumber daya dosen bergelar doktor 12 orang dan seorang guru besar.

"Sarana dan prasarana juga terus dibenahi, termasuk laboratorium komputer, perpustakaan serta bank mini," ujar doktor ekonomi manajemen Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia itu.

Jumlah mahasiswa S-1 yang dibina saat ini, katanya, mencapai 5.300 orang dan menyebar di tiga prodi, yakni Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Ilmu Manajemen, serta Akuntansi.

Konsentrasi dari ketiga prodi itu seperti keuangan daerah, keuangan dan perbankan syariah, akuntansi pajak, manajemen SDM, manajemen keuangan dan pemasaran dan akuntansi keuangan sektor publik.

"Alumni yang dihasilkan telah mencapai sekitar 6.000 sarjana. Mereka berkarier pada instansi pemerintah dan swasta, karena itu kami siap menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dan daya saing alumni," katanya.

Menurut dia, perjanjian kerja sama antara lain dilakukan dengan Forum Dekan Ekonomi Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia seperti Fakultas Ekonomi Unhas dan Bank Indonesia pada pembinaan mata kuliah bank kesentralan.

"Pihak yang diajak kerja sama itu memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk lebih meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang kelak menjadi modal utama ketika para mahasiswa itu telah dinyatakan menjadi alumni dan kembali di tengah masyarakat," katanya.

Editor : EM Yacub

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar