Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim sepak takraw Sulawesi Selatan menyiapkan 16 atlet tampil di kejuaraan nasional antar-Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) di Kalimantan Barat, 21-27 Oktober 2013.

Pelatih Sepak Takraw Sulsel Rustam di Makassar, Selasa, mengatakan atlet yang disiapkan itu terdiri dari 11 putra dan lima putri. Tim putra akan tampil pada tiga nomor yakni tim, beregu, dan double event. Sedangkan tim putri pada dua ketegori yakni beregu dan double event.

"Kami sudah mempersiapkan tim sejak dini demi meraih hasil maksimal di kejurnas. Soal peluang saya kira masih sangat terbuka. Atlet yang ada juga sudah berpengalaman tampil dibeberapa kejuaraan," jelasnya.

Mengenai kekuatan tim di Kejurnas PPLP 2013, Pengurus Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PTSI) Sulsel itu mengaku cukup merata. Bahkan ada sekitar delapan tim, kata dia, yang sejauh ini memiliki kemampuan seimbang.

Kondisi inipun yang membuat pihaknya belum ingin membahas soal target. Pihaknya juga berharap dengan tidak mematok target khusus membuat atlet bisa tampil lebih lepas sekaligus meraih prestasi.

"Kami patut mewaspadai setiap tim yang akan menjadi lawan kita disana. Namun dengan persiapan yang matang tentu kita harapkan bisa menjaga peluang meraih hasil terbaik," katanya.

Pada pelaksanaan kejurnas PPLP 2011 di Kendari, Tim Sulsel hanya membawa juara dua tim beregu putri. Hasil lebih baik diraih di Batam 2012, karena tim putra menempati peringkat ketiga dari tiga nomor yang diikuti. Sementara putri merebut juara II beregu dan peringkat tiga kategori "double event".

"Tren yang terus meningkat juga menjadi motivasi kami di kejurnas. Mudah-mudahan dalam perjalan nanti tidak terjadi masalah termasuk cedera atlet yang mengharuskan gagal tampil di kejurnas," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir berharap seluruh atlet bisa membuktikan diri dan layak bergabung di PPLP Sulsel. Apalagi, kata dia, atlet binaan PPLP dalam beberapa pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) masih minim menyumbangkan atlet bagi kontingen Sulsel.

"Kami tentu berharap program PPLP bisa melahirkan bibit atlet yang kedepan bisa memperkuat Sulsel baik ditingkat nasional hingga internasional," jelas Sekum IPSI Sulsel tersebut.

Editor : Farochah 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar