Kamis, 27 Juli 2017

Donor Darah TNI Bertekad Pecahkan Rekor MuRi

id donor darah, hut tni, muri, lantamal vi
Donor Darah TNI Bertekad Pecahkan Rekor MuRi
Sejumlah prajurit TNI memeriksakan kesehatan sebelum mendonorkan darahnya pada bakti sosial dalam rangka HUT TNI ke-69 di Lapangan Hasanuddin Makassar, Sulsel, Selasa (2/9) ANTARA FOTO/Yusran Uccang
"Donor darah ini serentak dilaksanakan hari ini dan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT TNI. TNI sendiri menargetkan pemecahan rekor MuRi dan kita semua optimistis itu terlaksana," ujar Ketua Tim Donor Darah Lantamal VI Makassar, Mayor Joko Ha
Makassar (ANTARA Sulsel) - Ribuan prajurit TNI di Sulawesi Selatan menggelar kegiatan kemanusian donor darah dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) TNI ke-69 serta pengumpulan 15.000 kantong darah yang menjadi target pemecahan rekor MuRi.

"Donor darah ini serentak dilaksanakan hari ini dan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT TNI. TNI sendiri menargetkan pemecahan rekor MuRi dan kita semua optimistis itu terlaksana," ujar Ketua Tim Donor Darah Lantamal VI Makassar, Mayor Joko Haryono di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, donor darah yang dilaksanakan TNI pada HUT Ke-69 ini bagian dari kegiatan kemanusiaan dimana donor darah itu ditargetkan terkumpul sebanyak 15.000 kantong darah yang melibatkan dari unsur TNI, Polri, Menwa, organisasi masyarakat, Akademi Ilmu Pelayaran dan PNS TNI.

Menurut dia, kegiatan ini diikuti seluruh jajaran anggota TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Udara serta bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar.

Aksi tersebut merupakan bentuk dukungan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai sumbangan darah dari jajaran TNI terbanyak.

Kegiatan ini, kata dia, merupakan agenda rutinitas TNI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yakni mendonorkan darah sebagai bentuk sumbangsih kepada yang membutuhkan.

"Tugas anggota TNI bukan hanya bentuk bela negara, akan tetapi pendekatan kepada masyarakat juga dilakukan melalui aksi donor darah dan aksi lainnya untuk kepentingan rakyat," katanya.

Hal ini juga, lanjutnya sebagai upaya mendekatkan diri antara TNI dengan masyarakat serta instansi terkait lainnya, serta memberikan kontribusi kepada masyarakat membutuhkan darah pada saat darurat.

"Diharapkan aksi donor darah yang dilakukan TNI, bisa memotivasi instansi yang lain untuk mengikuti kegiatan yang serupa dan juga dapat menggugah rasa sosial kemanusiaan masyarakat untuk peduli terhadap sesama," ujarnya.

Mayor Joko Haryono yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal VI menjelaskan, aksi donor darah untuk di Lantamal ditargetkan terkumpul 750 kantong darah untuk didistribusikan ke PMI serta Rumah Sakit lainnya yang membutuhkan.

Angka 750 kantong darah dari Lantamal VI itu disebutkannya akan dilampaui mengingat banyaknya dukungan yang datang dari kalangan umum serta sekolah pelayaran di Makassar.

Sekolah pelayaran yang ikut menyumbang darah berasal dari Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP), Akademi Maritim Indonesia (AMI) Veteran, BP2P, Bea Cukai dan beberapa instansi lainnya.

"Stok darah di PMI maupun rumah sakit di Makassar sering terbatas, sedangkan pasien yang membutuhkan darah sangat banyak. Makanya, kita ingin berkontribusi," ujarnya. FC Kuen

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Baca Juga