Minggu, 24 September 2017

Garuda Gandeng Sejumlah Pihak Promosikan Pariwisata KTI

id garuda indonesia, promosi pariwisata kti, phri, asita
Garuda Gandeng Sejumlah Pihak Promosikan Pariwisata KTI
Ilustrasi Maskapai Penerbangan PT Garuda Indonesia (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)
"Program ini untuk menggairahkan kembali destinasi wisata Indonesia...
Makassar (ANTARA Sulsel) - Garuda Indonesia menggandeng sejumlah pemerintah daerah, Perhimpunan Restoran dan Hotel Indonesia (PHRI) dan Asosiasi Travel Indonesia (Asita) untuk mempromosikan pariwisata Kawasan Timur Indonesia khususnya Sulawesi Maluku dan Papua melalui program "Explore the Beauty of Indonesia."

"Program ini untuk menggairahkan kembali destinasi wisata Indonesia, dan kalau kita tidak bergandengan tangan mendukung satu sama lain, program ini tidak akan jalan," kata Wakil Presiden Domestik Regional IV Rosyinah dalam Workshop dan Penandatanganan MoU Garuda Indonesia dengan sejumlah pimpinan daerah dari beberapa wilayah di Sulawesi, Maluku dan Papua di Makassar, Rabu.

Menurut Rosyinah program ini berawal dari ekspansi Garuda Indonesia yang sedemikian cepat.

Saat ini, kata dia, Garuda telah memiliki hampir 200 armada dari yang terbesar hingga terkecil yang dapat menjangkau ke pelosok Indonesia.

"Di wilayah-wilayah pelosok inilah ternyata destinasi wisata yang sangat indah, dan kami berpikir untuk mengisi kursi penerbangan ini salah satunya adalah dengan menggairahkan kembali sektor pariwisata," jelasnya.

Dalam program "Explore the Beauty of Indonesia" ini, kata dia, Garuda Indonesia akan membuat video promosi sekitar 44 destinasi wisata andalan di wilayah-wilayah tersebut. Video tersebut akan ditayangkan dalam layanan penerbangan Garuda Indonesia dan digunakan dalam misi-misi promosi wisata ke luar negri.

Video yang mempersembahkan "The Wonderful of Celebes, The Amazing of Moluccas, dan The Exotism of Papua" tersebut, akan dilaunching di empat kota besar yaitu Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Video tersebut rencananya juga akan diperkenalkan di Brisbane, Sidney, London, Amsterdam, dan Cina.

"Targetnya video tersebut sudah siap sebelum masa liburan anak sekolah pada Juni nanti," jelasnya.

Dalam pembuatan video tersebut dukungan pemerintah daerah diharapkan dengan memberikan kemudahan dalam perizinan saat mengambil gambar.

Selain pembuatan video, Garuda Indonesia bekerja sama dengan Asita dan PHRI juga akan merancang paket-paket wisata ke destinasi-destinasi favorit di wilayah tersebut.

"Tentunya Garuda Indonesia juga akan memberikan harga khusus untuk paket-paket wisata tersebut," kata General Manager Garuda Indonesia Kantor Cabang Biak I Wayan Supatrayasa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan Jufri Rahman menyambut baik inisiasi ini. Ia mengatakan pihaknya sudah menyurati pihak pemerintah kabupaten dan daerah agar siap menerima tim dari Garuda Indonesia.

"Kami akan fokus pada wilayah-wilayah yang memiliki potensi yang besar seperti di Kabupaten Tana Toraja, Tanjung Bira di Kabupaten Bulukumba, Takabonerate di Kabupaten Selayar, Rammang-rammang di Kabupaten Maros, dan Kepulauan Laikang di Kabupaten Pangkep," papar Jufri.

Penandatanganan MoU ini juga dihadiri sejumlah kepala daerah diantaranya Bupati Kabupaten wakatobi Hugua, Walikota Ternate H. Burhan Abdurahman, Bupati Biak Numfor Thomas A E Ondy, Walikota Ambon Richard Louhenapessy. Selain itu hadir juga sejumlah Kepala Dinas Pariwisata dari berbagai wilayah di Sulawesi, Maluku, dan Papua, serta perwakilan dari Garuda Indonesia. Agus Setiawan

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga