Selasa, 22 Agustus 2017

Pengurus PAN Sulsel Hadiri Deklarasi Hatta di Manado

id pan sulsel, deklarasi hatta rajasa, manado
Pengurus PAN Sulsel Hadiri Deklarasi Hatta di Manado
Hatta Rajasa (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
"Pengurus DPW PAN Sulsel akan berangkat ke Manado, besok (Sabtu) untuk menghadiri deklarasi akbar Hatta Rajasa...
Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 10 orang pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Sulawesi Selatan akan menghadiri Deklarasi Akbar Hatta Rajasa di Kota Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu (7/2).

"Pengurus DPW PAN Sulsel akan berangkat ke Manado, besok (Sabtu) untuk menghadiri deklarasi akbar Hatta Rajasa. Yang berangkat itu ada 10 orang," ujar Wakil Ketua PAN Sulsel Irfan AB di Makassar, Jumat.

10 orang pengurus PAN yang dinyatakan akan berangkat terdiri atas tiga pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan lima pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Mereka di antaranya Irfan AB, Usman Lonta, dan Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Jamaluddin Jafar.

Sedangkan di tingkat DPD yakni Ketua DPD PAN Jeneponto, Syamsuddin Karlos ; Ketua DPD PAN Barru, Andi Tobo ; Ketua DPD PAN Luwu, Usmaruddin ; Ketua DPD PAN Pangkep, Rauf dan Ketua DPD PAN Kabupaten Sidrap, Andi Iksan.

Irfan AB menuturkan, 10 pengurus PAN Sulawesi Selatan ini akan berangkat ke Manado untuk menyatakan dukungannya ke Ketua Umum Hatta Rajasa yang menjadi incumbent sebelum kongres digelar pada 28 Februari hingga 2 Maret di Bali.

"Memang jumlahnya sangat sedikit. Pemberian dukungan kedua kubu, baik pak Hatta maupun pak Zulkifli Hasan masih dinamis. Nantilah kita lihat pada saat kongres," katanya.

Menurut dia, ada tiga alasan mengapa mereka memilih Hatta. Pertama, elektabilitas Hatta sudah mempuni. Kedua; PAN Sulawesi Selatan menginginkan calon ketua umum yang mampu memenangkan pemilihan presiden, dan ketiga; Hatta mampu memenangkan partai berlambang matahari ini pada pemilihan legislatif lalu.

Sementara itu Usman Lonta mengatakan, mendukung Hatta karena sudah teruji kapasitasnya sejak memimpin partai ini. Oleh karena itu, ia akan ke Manado guna menghadadiri deklrasi akbar tersebut.

Sedangkan Ketua DPD PAN Kabupaten Jeneponto Syamsuddin Karlos menyatakan hingga saat ini belum memtuskan apakah akan ke Manado atau tidak. Ia berdalih mempunyai kegiatan Musrembang di Jeneponto bersmaan dengan deklarasi akbar Hatta dan Zulkifli.

"Saya belum putuskan, apakah akan berangkat ke Manado. Saya juga belum menyatakan dukungan kepada dua calon itu. Semuanya kader yang baik," kata Karlos.

Senada, Ketua DPD PAN Kota Makassar Busrah Abdullah mengatakan, belum memikirkan akan menghadiri deklrasi akbar Hatta maupun Zulkifli. Sebab Busrah mengaku memiliki kegiatan internal partainya pada pekan ini.

"Janganlah ditanya soal itu. Dua calon ketua umum ini sama-sama bagus," jelasnya.

Adapun Sekretaris Fraksi PAN Sulawesi Selatan Irwandi Natsir tidak membantah jika PAN Sulawesi Selatan memilih mendukung Zulkifli Hasan ketimbang Hatta Rajasa. Dari 24 DPD PAN di Sulawesi Selatan hanya DPD PAN Kabupaten Jeneponto dan Bulukumba saja yang belum memberikan dukungan ke Zulkifli Hasan secara tertulis.

"Dari 502 DPD di Indonesia, kami telah mendapat dukungan 300 DPD," kata Irwandi.

Legislastor DPRD Sulawesi Selatan itu menyebut, dukungan secara rill dapat diketahui pada saat deklarasi akbar Zulkifli Hasan digelar di Lombok-Nusa Tenggara Barat pada 7-8 Februari.

"Kami sengaja memilih hari yang sama dengan deklrasi akbar pak Hatta. Karena kami ingin tahu berapa banyak dukungan ke kami," ucapnya. Agus Setiawan

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga