Kamis, 22 Juni 2017

Pencari properti butuh sembilan bulan putuskan pembelian

id rumah.com, pencari properti
Jakarta, (Antara Sulsel) - Konsumen properti di Indonesia ternyata membutuhkan sembilan bulan untuk memutuskan pembelian properti idamannya. 

Fakta ini merupakan hasil riset yang dilakukan lembaga IPSOS. Bagi konsumen dengan tipe investor, waktu yang dibutuhkan bisa lebih singkat, sekitar empat bulan saja, karena mereka melakukan proses riset dengan cepat. Dan salah satu faktor pendukung yang mempercepat waktu pengambilan keputusan ini adalah peran agen properti.

"Menurut riset Rumah.com, ada tiga karakter konsumen properti di Indonesia. First time buyers, yaitu mereka yang baru akan memiliki rumah pertama. Upgraders, yaitu mereka yang akan merenovasi rumah atau membeli rumah kedua untuk mendapatkan ukuran yang lebih besar seiring kebutuhan yang berubah, misalnya pertambahan jumlah anggota keluarga. Dan investor, yaitu mereka yang ingin mengambil keuntungan dari investasi properti. Tipe investor umumnya tidak asing dengan jasa agen properti. Dengan bantuan agen properti, mereka tidak membutuhkan waktu panjang dalam mengambil keputusan pembelian properti. Berbeda dengan first time buyers dan upgrader yang bisa membutuhkan waktu sekitar sembilan bulan," ujar Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com 

Selain memiliki kemampuan analisis properti yang baik serta jaringan penjual dan pembeli yang luas, agen properti juga dapat melakukan negosiasi sehingga klien dapat meraih harga terbaik. Namun seiring perkembangan teknologi, agen properti juga dituntut harus menunjukkan eksistensi dan performa yang bagus di dunia maya. Karena menurut riset IPSOS, 45% konsumen Indonesia menemukan agen properti dengan melakukan pencarian di dunia maya, melalui portal properti, search engine, dan social media.

Dengan peran yang sangat penting dalam industri properti serta tuntutan untuk dapat selalu memberikan informasi terkini dan akurat kepada klien, agen properti membutuhkan dukungan penting dalam aktivitas sehari-hari. 
Karena itu, Rumah.com melakukan inovasi dengan menghadirkan aplikasi AgentNet dalam versi Android. Aplikasi untuk agen properti ini merupakan kelanjutan dari suksesnya versi Blackberry terdahulu.

"Saat ini tercatat sekitar lebih dari 10.600 agen properti di Rumah.com, dan 90 persen dari mereka melakukan aktivitasnya di luar ruangan. Kami berharap inovasi ini dapat membantu agen dapat “bergerak” lebih cepat dalam mencapai target penjualannya. Sehingga mereka dapat membantu lebih banyak konsumen properti di Indonesia untuk mendapatkan properti idamannya secara cepat dan tepat,” tambah Wasudewan, General Manager Rumah.com 

Dengan aplikasi Rumah.com AgentNet, agen dapat langsung mengunggah foto properti melalui smartphone Android dan tayang dengan cepat pada situs Rumah.com. Mereka pun dapat membaca dan membalas pesan yang dikirimkan oleh pencari properti melalui aplikasi ini yang hanya dapat digunakan oleh para agen properti yang memiliki akun Rumah.com. Aplikasi AgentNet sudah tersedia di Google Play
                                                                         

Editor: Agus Setiawan

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga