Senin, 24 Juli 2017

Festival Forum KTI hadirkan enam praktik cerdas

id festival forum kti, praktik rerdas, bakti, caroline tupamahu
Festival Forum KTI hadirkan enam praktik cerdas
Direktur eksekutif BaKTI Caroline Tupamahu (ketiga kanan). (ANTARA FOTO/Suriani Mappong)
"Praktik cerdas ini merupakan upaya yang berhasil menjawab tantangan pembangunan dan berdampak nyata," kata Direktur Eksekutif Bursa ...
Makassar (ANTARA Sulsel) - Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang digelar pada 17-18 November 2015 akan menghadirkan enam praktik cerdas.

"Praktik cerdas ini merupakan upaya yang berhasil menjawab tantangan pembangunan dan berdampak nyata," kata Direktur Eksekutif Bursa Pengetahuan KTI (BaKTI) Caroline Tupamahu, di Makassar, Sabtu.

Enam praktik cerdas yang akan dipresentasikan dalam festival tersebut adalah aplikasi "bank waktu" dari Honihama, Floris Timur, Pertanian Alami di Salassae Bulukumba, Pelayanan Kesehatan di Manado dan Siau, Kapal Kalabia dari Raja Ampat, Pengurangan Risiko Bencana di Sembalun Lombok Timur dan Bank Iklan ala nelayan Tomia Wakatobi.

Menurut Caroline, festival Forum KTI diadakan setiap dua tahun sejak 2004. Dalam festival itu peserta berbagi ide dan menyerap beragam praktik baru yang memungkinkan mereka meningkatkan kemampuan individu maupun kelompok.

"Untuk selanjutnya menghasilkan inovasi-inovasi yang berdampak nyata bagi pembangunan bangsa. Di sini semua unsur baik pemerintah, swasta, LSM dan masyarakat menjalin hubungan harmonis untuk saling mendukung," katanya.

Adapun rangkaian festival yang berlangsung selama dua hari itu mencakup empat program utama yakni panggung inspirasi yang menampilkan para inspirator dari sejumlah daerah di KTI.

Galeri informasi akan menampilkan kisah-kisah sukses hasil kerja berbagai badan pemerintah, mitra pembangunan internasional, LSM lokal, nasional dan internasional, CSR sektor sawata dan kelompok-kelompok masyarakat.

Khusus pesta rakyat pada hari kedua festival ditangani langsung oleh Pemkot Makassar yang menyajikan pementasan seni budaya dan aneka kuliner khas Sulawesi Selatan.

"Selain ketiga kegiatan itu juga digelar `Side Events` yang dilaksanakan sejak sore hingga malam seusai panggung inspirasi," kata Caroline.

Tujuan pelaksanaan `side event` itu adalah, untuk mendorong pertukaran pengetahuan antarpeserta dan menawarkan kesempatan untuk berjejaring, katanya.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga