Jumat, 24 Maret 2017

Fahruddin, mantan cleaning service sukses jadi juragan mainan

id Fahruddin, mantan cleaning service sukses jadi juragan mainan
Fahruddin, mantan cleaning service sukses jadi juragan mainan
Acara Tokopedia di Makassar (Foto : Humas)
"Walaupun hanya mulai dari toko kecil, kami punya mimpi besar. Bagi saya, pencapaian itu bukan hanya tentang materi, tetapi bagaimana saya bisa menciptakan peluang saya sendiri dan bahkan membantu teman-teman saya dalam menciptakan peluang mereka,"
Makassar, (Antara Sulsel) - Setelah sempat mendarat di Tanah Borneo beberapa waktu yang lalu, Kamis malam Tokopedia menyambangi kota kedelapan, Makassar, untuk kembali menggelar talk show yang bertajuk Ciptakan Peluangmu---masih dalam rangka roadshow 10 kota.

Public Relations Executive Tokopedia Siti Fauziah (Puji) mengatakan acara mengahadirkan stand up comedian Arie Kriting dan dua Inspiring Seller Tokopedia, yaitu Fahrudin dan Nurul.

Fahrudin, mantan cleaning service yang saat ini sukses menjadi juragan mainan. Pada tahun 2012, Fahrudin yang masih menjalani profesinya sebagai cleaning service memutuskan untuk mempelajari internet marketing dari berbagai sumber, lalu mulai berjualan mainan secara online sebagai pekerjaan sampingan demi membuat keluarga kecilnya hidup lebih layak.

Setelah satu tahun berjalan, penghasilan dari berjualan online ternyata jauh lebih baik dibandingkan dengan bekerja sebagai cleaning service.

Akhirnya pada tahun 2013, Fahrudin memutuskan untuk fokus membesarkan bisnis online-nya.

"Situasi dunia bisnis online dari hari ke hari semakin berkembang. Bayangkan, saya pernah menerima pesanan untuk produk yang harganya Rp. 450. Ongkos kirimnya tentu lebih mahal dibandingkan harga barangnya sendiri. Ini membuktikan bahwa bisnis online punya masa depan cerah, tidak ada lagi orang yang ragu belanja online,” terang Fahrudin.

Saat ini, Fahrudin telah membuktikan bahwa siapapun bisa menciptakan peluangnya. Dengan membuka toko online "Juragan Mainan" (www.tokopedia.com/mainan-murah), ia bahkan telah menciptakan lapangan pekerjaan bagi beberapa orang temannya.

"Walaupun hanya mulai dari toko kecil, kami punya mimpi besar. Bagi saya, pencapaian itu bukan hanya tentang materi, tetapi bagaimana saya bisa menciptakan peluang saya sendiri dan bahkan membantu teman-teman saya dalam menciptakan peluang mereka,” ujar Fahrudin.

Puji menambahkan, "Per November 2015, Fahrudin telah berhasil menjual lebih dari 78.000 produk."

Selain Fahrudin, ada seorang mantan akuntan yang kini sukses berjualan berbagai macam produk kerajinan tangan secara online, yaitu Nurul. Bisnis Nurul berawal dari hobi.

"Sebagai ibu rumah tangga, saya memiliki banyak waktu luang. Biasanya untuk mengisi waktu luang itu, saya menjalankan hobi saya, yaitu membuat pernak-pernik dari kain perca. Seiring berjalannya waktu, pernak-pernik itu menumpuk berkardus-kardus," terang Nurul.

Melihat tumpukan yang semakin tinggi, suami Nurul menyarankan agar pernak-pernik tersebut dijual secara online karena selain tidak membutuhkan biaya sewa toko, berjualan online tidak menyita waktu dan tenaga yang berarti. Saran tersebut akhirnya ditindaklanjuti oleh Nurul.

Ia membuka sebuah toko online, Kameha Shop (www.tokopedia.com/kamehashop), dan saat ini penghasilannya telah mencapai puluhan juta per bulan.

Nurul mengungkapkan kunci kesuksesan dalam berbisnis online. “Kita harus sabar, inovatif dan jangan pelit berbagi ilmu dengan orang lain,” katanya sambil tersenyum.

Fahrudin dan Nurul merupakan contoh penjual yang berhasil menciptakan peluangnya bersama Tokopedia.

Tokopedia melalui Puji percaya bahwa cerita yang dibagi oleh Fahrudin dan Nurul dapat menginspirasi ratusan warga Makassar yang hadir dalam talk show.

Tokopedia Roadshow Makassar didukung oleh JNE dan Smartfren.

Editor: Agus Setiawan

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga