Rabu, 23 Agustus 2017

Kopkar PT Lestari Tani Teladan nominasi seleksi nasional

id Koperasi Karyawan Lestari Tani Teladan, Astra Agro Lestari
Kopkar PT Lestari Tani Teladan nominasi seleksi nasional
Rapat Anggota Tahunan Koperasi Karyawan PT Lestari Tani Teladan (PT LTT) (Foto : Dok) (1)
"Melihat kinerja Kopkar Karya Lestari ini maka dari pemerintah akan dijadikan koperasi awal yang dinominasikan ke tingkat nasional," katanya.
Makassar, (Antara) - Koperasi Karyawan PT Lestari Tani Teladan (PT LTT) yang merupakan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, akan dinominasikan untuk ikut seleksi nasional.

Perwakilan Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindag Kabupaten Donggala, Pangngapian mengemukakan hal itu di Donggala, Selasa, usai mengikuti Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Karyawan PT Lestari Tani Teladan.

"Melihat kinerja Kopkar Karya Lestari ini maka dari pemerintah akan dijadikan koperasi awal yang dinominasikan ke tingkat nasional," katanya.

Mewakili manajemen PT LTT, Sri Suyanto dalam sambutannya menyampaikan manajemen akan selalu mendukung keberadaan Kopkar ini dan menyarankan agar menambah bidang usaha yang digeluti selama ini untuk kesejahteraan anggota.

PT LTT sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kabupaten Donggala peduli dengan kesejahteraan karyawannya, salah satu wujudnyanya yaitu dengan keberadaan Kopkar di dalam perusahaan yang bertujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari karyawan perusahaan.

"PT LTT berusaha untuk menciptakan koperasi yang sehat, seperti cita-cita Bapak Koperasi Indonesia, Muhammad Hatta dengan landasan dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota. Kopkar PT LTT yang bernama Koperasi Karyawan Karya Lestari telah menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dengan sukses," ujar Sri Suyanto.

Dia mengatakan kegiatan tahunan ini sekaligus ajang silaturahim agar pengurus dan anggota menjadi akrab.

Kegiatan yang mengagendakan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pemilihan pengurus baru ini dihadiri seluruh pengurus dan anggota koperasi, perwakilan pihak Manajemen PT LTT serta dari Dinas Koperasi UMKM Perindag Kabupaten Donggala.

Ketua Kopkar Karya Lestari, Tibortius Reba menyampaikan secara keseluruhan kondisi keuangan kopkar tahun 2015 baik, dimana aset tahun 2015 ditutup dengan nilai Rp 1,8 milyar sehingga meningkat sekitar 2,9 persen dari 2014.

Laba bersih setelah dikurangi pajak sebesar Rp 338 juta dengan kondisi likuiditas 195 persen yang mencerminkan kemampuan yang sangat baik untuk memenuhi kewajiban atau hutang jangka pendek.

Kopkar karyawan memiliki jumlah anggota yang terdaftar sampai dengan 31 Desember 2015 sebanyak 327 orang dan akan membagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada anggota sebesar Rp 135 juta.

RAT Kopkar ini ditutup dengan pemilihan langsung oleh anggota koperasi yang hadir. Ada tiga calon kandidat ketua kopkar yang mengikuti proses pemilihan ini dan telah terpilih sebagai ketua Kopkar Karya Lestari periode 2016-2018 adalah Mahjun.


Editor: Agus Setiawan

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga