Kamis, 21 September 2017

Mukhtar Tompo gantikan Dewi Yasin Limpo di DPR RI

id Mukhtar Tompo, Jeneponto, Hanura
Mukhtar Tompo gantikan Dewi Yasin Limpo di DPR RI
Mukhtar Tompo (Foto ANTARA / Dok)
"Saya ingin berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang selama ini senantiasa memberikan dukungan dan doa atas perjuangan ini. Pelantikan ini bukan akhir, melainkan awal dari perjuangan yang lebih besar," katanya.
Makassar, (ANTARA Sulsel) - Aktifis asal Jeneponto Sulawesi Selatan dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Mukhtar Tompo bakal dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 dalam sidang paripurna DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (20/4), menggantikan Dewi Yasin Limpo.

Menurut Mukhtar Tompo di Makassar, Kamis, pelantikan ini merupakan amanah yang dengan tanggungjawab penuh akan dia emban untuk kemajuan masyarakat Indonesia pada umumnya dan Sulsel pada khususnya.

"Dengan segala daya upaya serta kerja keras saya ingin amanah ini bisa membawa kemaslahatan bagi masyarakat, umat, bangsa dan negara," ujar mantan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulsel ini.

Acara pelantikan rencananya akandipimpin oleh Ketua DPR RI Ade Komarudin. Mukhtar maju sebagai calon legislatif di Dapil 1 Sulawesi  Selatan pada Pemilu 9 April 2014 lalu.

"Saya ingin berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang selama ini senantiasa memberikan dukungan dan doa atas perjuangan ini. Pelantikan ini bukan akhir, melainkan awal dari perjuangan yang lebih besar," katanya.

Mantan pengurus HMI Cabang Makassar ini mengatakan komitmen untuk bekerja lebih keras demi kepentingan masyarakat merupakan ikrar sekaligus ikhtiar membawa perubahan yang lebih baik.

Tentunya, ujar dia, sebagai orang baru di DPR ia berupaya untuk cepat beradaptasi apalagi dengan pimpinan baru DPR RI yang menghendaki produktivitas DPR dapat meningkatkan dan lebih baik.

"Sebagai anak muda, saya akan banyak belajar dari para senior serta menjalankan tugas sebagai anggota DPR yang sanggup memberikan kontribusi terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah," kata mantan Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (NU) Pesantren DDI Kassi Jeneponto ini.

Mukhtar juga tidak mempersoalkan akan ditempatkan pada komisi apapun dan sepenuhnya menyerahkan kebijakan tersebut kepada partai dan Fraksi Hanura.

Mukhtar Tompo selama ini memang dikenal luas oleh masyarakat Sulawesi Selatan sebagai aktivis yang kritis, dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat di sekitarnya.

Ia juga sering bergerak bersama elemen-elemen masyarakat, seperti Ormas dan LSM untuk memikirkan peningkatan taraf kehidupan masyarakat.

Kiprah itulah yang membuat masyarakat mendorongnya terjun ke dunia politik agar mampu mempengaruhi kebijakan yang memihak kepentingan rakyat.

Pada 2009 dengan sokongan masyarakat kecil dia dapat duduk sebagai legislator DPRD Provinsi Sulsel periode 2009-2014.

Mukhtar juga tidak lupa hari lahir kampung halamannya, Kabupaten Jeneponto pada 1 Mei 2016. "Selamat Ulang Tahun Kabupaten Jeneponto yang ke 152. Pelantikan ini adalah kado ulang tahun saya untuk Kabupaten Jeneponto," katanya.

Editor: Agus Setiawan

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga