Minggu, 24 September 2017

Riri Riza jelaskan kesiapan penayangan film "Athirah"

id film, athirah, riri riza, sea screen academy
Riri Riza jelaskan kesiapan penayangan film
Sutradara dan penggagas SEAScreen Academy, Riri Riza (kanan) bersama penulis, M Aan Mansyur (kiri) memberikan penjelasan mengenai program SEAScreenLab 2016 di Makassar, Kamis (11/8). (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)
"Iya, sudah ditetapkan jadwal penayangannya pada 29 September nanti. Dalam film ini, banyak kru lokal dari sini ...
Makassar (ANTARA Sulsel) - Sutradara ternama asal Makassar Riri Riza menjelaskan kesiapan penayangan perdana film berjudul "Athirah" secara serentak di seluruh bioskop Tanah Air pada 29 September 2016.

Riri Riza di Makassar, Kamis, mengatakan saat ini memang sementara fokus untuk melihat respon masyarakat terhadapi film yang diadopsi dari novel karya Alberthiene Endah tersebut.

"Iya, sudah ditetapkan jadwal penayangannya pada 29 September nanti. Dalam film ini, banyak kru lokal dari sini yang terlibat seperti asisten sutradara, make-up artis dan bagian casting juga beberapa dari sini (Makassar)," katanya saat menghadii kegiatan Makassar SEA Screen Academy.

Pria berkacamata itu menjelaskan, dirinya memang saat ini tidak lagi dalam proyek pembuatan film baru karena ingin lebih fokus ke penayangan film yang telah digarap sejak 2015 tersebut.

Menurut dia, film yang menceritakan kisah hidup ibunda Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla itu sebelum pembuatan film memang telahmelakukan survei ke beberapa kabupaten di Sulsel.

Sejumlah kabupaten/kota berhasil disurvei dan dikunjungi seperti Makassar, Maros, Bone, Wajo, Soppeng, Parepare dan Bulukumba.

Adapun tujuannya yakni untuk mencari lokasi-lokasi syuting yang bernuansa tempo dulu sehingga bisa sesuai dengan cerita yang ada dalam novel karya Alberthiene Endah tersebut.

Sebelumnya, Riri Riza merencanakan penayanganya pada Juli 2016 atau setelah lebaran 2016.

Namun karena beberapa hal sehingga tidak bisa melaksanakan sesuai rencana awal. Dirinya juga berharap dalam penayangan perdana khususnya di Makassar bisa mendapat respon yang tingi dari penonton.

Film Athirah merupakan film Indonesia yang diproduksi Miles Film dan disutradai Riri Riza. Film yang syuting di beberapa lokasi di kabupaten/kota di Sulawesi Selatan sekaligus melibatkan sejumlah atris ternama seperti Cut Mini, Jajang C Noer dan Arman Dewarti.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga