Kamis, 30 Maret 2017

Pedagang Durian Mulai Bermunculan Di Mamuju

id durian, mamuju
Pedagang Durian Mulai Bermunculan Di Mamuju
Ilustrasi-Pembeli menikmati durian di Sentra Durian Pasar Kuto Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (10/12). (ANTARA FOTO/Feny Selly)
"Dalam sepekan musim durian sudah tiba sehingga para pedagang bermunculan...
Mamuju (Antara Sulbar) - Pedagang eceran buah durian di Kabupaten Mamuju mulai bermunculan seiring dengan musim panen buah tersebut, dengan menjajakan dagangannya pada sejumlah lokasi di wilayah ibu kota Provinsi Sulawesi Barat itu.

Pantauan ANTARA di Mamuju, Jumat, sejumlah pedagang dadakan itu tampak ramai berjualan durian di sejumlah tempat di Mamuju seperti di jalan-jalan kawasan Pantai Manakarra Mamuju dan kawasan Terminal Regional Mamuju.

Selain itu juga terdapat di jalan raya depan kantor Badan Pusat Statistik Sulbar dan di kompleks pertokoan, Pasar Baru Mamuju dan Pasar Sentral Mamuju, serta di sepanjang jalan trans Sulawesi di sebelah utara dan selatan Kota Mamuju.

"Dalam sepekan musim durian sudah tiba sehingga para pedagang bermunculan menjual dagangannya dari pagi hingga larut malam hari. Buah durian yang dijual pedangan itu dibeli dari petani yang tersebar di sejumlah daerah di Sulbar," kata Edi, seorang pedagang durian.

Ia mengatakan, masyarakat pedagang eceran ini memanfaatkan musim panen durian yang dibeli dari petani karena dianggap menjanjikan untuk meningkatan pendapatan dan kesejahteraan mereka.

Harga buah durian yang dijual pedagang itu bervairasi dari sekitar Rp15.000 sampai Rp20.000 per buah tergantung dari kualitas dan besarnya ukuran buah itu.

"Para pedagang menggunakan mobil bak terbuka membeli dan mengangkut dari kebun petani kemudian langsung dijual di jalan-jalan tersebut, dan selama waktu tiga hari biasanya sudah habis terjual," ujarnya.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga