Senin, 24 April 2017

Pasar Malam Cap Go Meh Diserbu Pengunjung

id Cap go me, imlek
Pasar Malam Cap Go Meh Diserbu Pengunjung
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (kiri) bersama Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono (kanan) memantau perayaan Cap Go Meh di kawasan Pecinan, Makassar, Sabtu (11/2). (ANTARA FOTO/Muh Hasanuddin)
"Ramai sekali malam ini, banyak orang berbelanja makanan khas Imlek sambil menikmati hiburan...
Makassar (Antara Sulsel) - Pasar Malam `Jappa Jokka Cap Go Meh` 2568/2017 di sepanjang jalan Sulawesi Kota Makassar, Sulawesi Selatan dipadati ribuan pengunjung untuk menikmati sejumlah kuliner sekaligus menyaksikan hiburan pada puncak peringatan Imlek tahun Shio Ayam Api.

"Ramai sekali malam ini, banyak orang berbelanja makanan khas Imlek sambil menikmati hiburan yang ditampilkan panitia penyelenggara, " ujar Ronald di Klenteng Xiang Ma, Jalan Sulawesi Makassar, Sabtu malam.

Sementara pengunjung lain, Ruslan Tamrin, mengatakan, warga tidak hanya menikmati kuliner, tetapi penampilan atraksi barogsai dan kembang api yang meletus di udara menjadi hiburan tersendiri bagi para pengunjung.

"Kembang apinya lama sekali dan banyak sekali warga terhibur dengan acara ini. Saya sangaja datang jauh dari Gowa bersama keluarga selain menikmati malam minggu juga ada hiburan di sini, meskipun harus berdesak-desakan," ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana Perayaan Imlek, Roy Ruslim di lokasi acara tersebut mengatakan kegiatan yang bertemakan Pasar Malam `Jappa Jokka Cap Go Meh` itu sudah lama direncanakan.

Tidak hanya itu, kata dia, pihaknuya juga menyiapkan 100 stan yang dipasang untuk menyajikan kuliner termasuk makanan khas Imlek.

Selain itu, ada tujuh panggung mini untuk menampilkan sejumlah hiburan guna menghibur para pengunjung di Pasar Malam Jappa Jokka Cap Go Meh.

Sejumlah klenteng serta vihara di jalan Sulawesi juga dihiasi, sehingga kegiatan tersebut semakin semarak dan para pengunjung juga menyemparkan diri untuk berfoto di depan vihara maupun klenteng.

"Ada tari-tarian mandarin, pertunjukan barongsai dan acara juga dihadiri Miss Dewi dari Jakarta. Ratusan hadiah juga kami bagikan kepada pengujung yang mampu menjawab kuis atau games yang disajikan panitia," paparnya.

Pada malam puncak acara itu, kata Roy, digelar pesta kembang api yang diperkirakan berlangsung selama 30 menit, sehingga membuat para pengujung tampak gembira.

Pasar Malam Jappa Jokka Cap Go Meh itu digelar mulai dari Jalan Lembeh hingga perbatasan Jalan Sulawesi ke arah Jalan Riburane. Sejak petang hari ini di jalan tersebut sudah ditutup kegiatan arus lalu lintas kendaraan agar kegiatan berjalan lancar.

Bahkan sejumlah kendaraan roda empat harus mencari lahan parkir di jalan Bali, dan sekitarnya hanya untuk mengikuti acara tersebut.

"Kegiatan ini sudah masuk agenda Dinas Pariwisata sebagai agenda tahunan. Mudah-mudahan masyarakat Kota Makassar dan sekitarnya menjadi terhibur," harap dia.

Pantauan di lokasi itu, Kepala Kepolisian Daerah Sulsel Irjen Pol Muktiono tampak memantau kegiatan acara malam puncak perayaan imlek, Ca Go Meh di Klenteng Xian Ma.

Muktiono didampingi Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Endi Sutendi, Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Dicky Sondani serta sejumlah pejabat perwira menengah Polda Sulsel.

Aparat keamanan dari kepolisian dengan bersenjata lengkap juga terlihat memantau lokasi penyelenggaraan acara tersebut.

"Pak Kapolda sengaja datang memantau situasi dan kondisi keamanan di lokasi acara ini termasuk melihat prosesi ibadah di Klenteng Xian Ma mulai lantai satu sampai lantai lima," kata Kabid Humas Polda Sulsel Dicky Sondani.

Malam perayaan Cap Go Meh dengan tema Pasar Malam Jappa Jokka adalah rangkaian acara malam akhir perayaan Imlek di Kota Makassar, karena malam ini diyakini oleh warga Tionghoa yang beragama budha dengan berdoa kepada para Dewa dan Dewi karena sudah kembali dari langit dengan membawa berkah.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga