Kamis, 30 Maret 2017

Film "Silariang" Angkat Potensi Budaya Lokal

id film, silariang, syahrir arsyad, rere art2tonic
Film
Official poster film Silariang (Dokumentasi)
"Silariang yang diambil dari Bahasa Makassar yang artinya kawin lari ini...
Makassar (Antara Sulsel) - Film "Silariang" atau Menggapai Keabadian Cinta yang ditulis dan disutradarai oleh Syahrir Arsyad (Rere Art2tonic) mengangkat potensi budaya lokal yang akan ditayangkan secara nasional pada 2 Maret 2017.

"Silariang yang diambil dari Bahasa Makassar yang artinya kawin lari ini, mencoba menjelaskan kepada masyarakat umum tentang konsep dan budaya `siri` bagi masyarakar Bugis - Makassar," katanya.

Syahrir yang akrab disapa Rere ini mengatakan, penegakkan komitmen dan harga diri menjadi hal utama di kalangan Bugis-Makassar. Hal itulah yang kemudian diangkat dalam mengusung Film "Silariang" dengan tujuan masyarakat dapat mengambil pelajaran positif dari cerita itu.

Pemeran utama yakni Cia (Dinda Surbakti) dan Ali (Jeyhan Kler) menjadi kunci cerita dari sepasangan sejoli yang harus menghadapi jalan terjal dalam menggapai cinta mereka. Remuk, rapuh mempertahankan kisah kasih yang dipenuhi cerita dendam masa silam.

Selain itu, tokoh-tokoh pendukung seperti Ika KDI dan Zulkifli Gani Otto, mantan Ketua PWI Sulsel tak kalah pentingnya dalam menghidupkan cerita balada itu. Dialek bahasa daerah yang masih kental, juga dukungan setting film ini akan membuat penonton merasa dekat dan lebih memahami budaya Bugis - Makassar.

Kendati pemain film "Silariang" ini menampilkan pemain local, namun kata Rere, pihaknya tetap optimistis dapat menggaet penonton diatas kesuksesan film "Bombe" yang diluncurkan tahun lalu.

Mengantisipasi banyaknya penonton yang tidak kebagian tiket pada saat peluncuran film "Silariang" di Makassar, imbuh Zulkifli, akan dibuka `presale` atau penjualan tiket lebih awal pada 23 Februari 2017.

"Penjualan tiket sepekan sebelum peluncuran ini, diharapkan dapat mengakomodasi semua penonton. Karena itu, bagi yang beli dua karcis akan mendapatkan 1 VCD gratis yang berisi `soundtrack` film `Silariang`, Sajang Rennu, dan behind the scene film tersebut," katanya.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga