Bupati Sinjai Berharap Pemprov Bantu Irigasi Kalamisu

id sinjai, hjs ke-453
Bupati Sinjai Berharap Pemprov Bantu Irigasi Kalamisu
Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang (tengah) dan Bupati Sinjai H Sabirin Yahya (kanan) pada puncak peringatan HJS ke-453 di Sinjai, Senin (27/2). (FOTO/Humas Pemkab Sinjai)
"Irigasi tersebut untuk membantu petani di Kecamatan Sinjai Timur dan Sinjai Tengah...
Sinjai (Antara Sulsel) - Bupati Sinjai H Sabirin Yahya berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan memberikan bantuan anggaran  proyek Irigasi Kalamisu di kabupaten setempat.

"Irigasi tersebut untuk membantu petani di Kecamatan Sinjai Timur dan Sinjai Tengah," kata Sabirin pada puncak peringatan hari jadi Sinjai (HJS) ke-453 di halaman rumah jabatan Bupati Sinjai, Senin.

Bupati juga berharap Pemprov Sulsel menindaklanjuti persoalan yang dihadapi nelayan Sinjai, terkait izin berlayar bagi nelayan setempat.

Pada kesempatan itu Sabirin menyampaikan berbagai peningkatan dalam pembangunan selama setahun, terkait infratruktur termasuk jalan dan jembatan.

Sementara itu, Ketua Panitia HJS ke-453 Hj Nikmat B Situru mengatakan, peringatan HJS tahun ini, dimeriahkan berbagai kegiatan seperti olahraga, kesenian, dan keagamaan, yang diawali drum band, osong dan tarian dilanjutkan pembacaan ayat suci al quran dan sari tilawah.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu`mang yang hadir pada acara tersebut, meresmikan beberapa proyek yang dibangun pada tahun anggaran 2016 senilai Rp673,3 miliar.

"Kami berharap kepada semua elemen masyarakat agar memaknai Hari Jadi Sinjai ini dengan menjadikan sebagai momentum menjalin semangat kebersamaan yang telah dibangun para leluhur di masa lalu," kata Agus pada peringatan hari jadi daerah tersebut.

Agus yang didampingi bupati meresmikan berbagai proyek tersebut yang didanai dari APBN dan APBD Kabupaten Sinjai secara simbolis yang ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Beberapa proyek yang diresmikan diantaranya pembangunan Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Penangkaran Benih Padi Gapoktan Barakka dan Tugu Sinjai Bersatu.

Agus mengatakan, perjalanan sejarah 453 tahun yang lalu, Sinjai dibangun atas semangat kebersamaan antar kerajaan pada masa lalu.

"Ini mencerminkan bahwa masyarakat Sinjai mewarisi semangat kebersamaan dalam membangun peradaban demi kemajuan dan kejayaan Sinjai," kata Agus.

Kabupaten Sinjai sepanjang tahun 2016 meraih beberapa penghargaan, diantaranya Anugrah Parahita Eka Praja dari Wapres , Anugrah Pangripta Nusantara, Bakti Koperasi, Wahana Tata Nugraha, penghargaan Adiwiyata prov.Sulsel, pemenang kategori khusus daerah dengan terobosan pelayanan perizinan dari FIPO, juara tiga lomba Pembangunan desa tingkat provinsi Sulsel.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga