Selasa, 23 Mei 2017

Mendagri: Perencanaan Anggaran Harus Terfokus

id mendagri
Mendagri: Perencanaan Anggaran Harus Terfokus
Mendagri Tjahjo Kumolo menjadi pembicara pada Rakor Teknis Pembangunan Dalam Rangka Penyelarasan Kebijakan Pembangunan Nasional dan Daerah Tahun 2018 di Makassar, Selasa (28/2). (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)
"Perencanaan anggaran yang baik itu ada fokus dan skala prioritas, dalam satu tahun maksimal dua fokus...
Makassar (Antara Sulsel) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan perencanaan anggaran harus terfokus pada satu atau dua program pembangunan dengan skala prioritas yang jelas.

"Perencanaan anggaran yang baik itu ada fokus dan skala prioritas, dalam satu tahun maksimal dua fokus program," kata Mendagri Tjahjo Kumolo saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Pembangunan Dalam Rangka Penyelarasan Kebijakan Pembangunan Nasional dan Daerah Tahun 2018, di Makassar, Selasa.

Menurut Tjahjo, kebiasaan saat ini, dalam satu tahun, anggaran disebar ke semua SKPD dan menetes kemana-mana, sehingga dampaknya minim.

Ia mengatakan, perencanaan anggaran yang baik merupakan kunci suksesnya pembangunan.

Tjahjo mencontohkan, perencanaan anggaran yang buruk menyebabkan pembangunan infrastruktur yang justru mubazir. "Saya pernah mengunjungi terminal yang begitu megah tapi sepi, mulai dari selesai dibangun, tidak ada satu pun bus yang ke terminal itu," kata dia menggambarkan.

Ia juga menekankan bahwa masalah anggaran harus dikomunikasikan dengan baik khususnya dengan DPRD. Perencanaan pembangunan juga perlu melibatkan berbagai pihak tidak hanya pemerintah dari pusat hingga ke kepala desa, tetapi juga dengan TNI, Polri, Kejaksaan, tokoh masyarakat, dan tokoh agama yang perlu dilibatkan dalam pengambilan keputusan.

"Perencanaan anggaran adalah daerah rawan korupsi yang harus direncanakan dengan baik," pesan Tjahjo.

Editor: Laode Masrafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga