Rabu, 20 September 2017

Pekan Ini Rupiah Baru Tersedia Di ATM

id Bi sulsel, uang baru, atm
Pekan Ini Rupiah Baru Tersedia Di ATM
Kepala BI Perwakilan Sulsel Wiwiek Sisto Widaya (kiri) memperlihatkan uang rupiah baru tahun emisi 2016 kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, di Makassar, Kamis (2/3). (ANTARA FOTO/Nurhaya J Panga)
"Dalam minggu ini sudah bisa ditemui pada ATM, meskipun baru di tiga tempat, pusat-pusat perbelanjaan...
Makassar (Antara Sulsel) - Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan (BI Sulsel) Wiwiek Sisto Widayat mengatakan pekan ini uang rupiah baru emisi tahun 2016 mulai akan tersedia pada sejumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kota Makassar.

"Dalam minggu ini sudah bisa ditemui pada ATM, meskipun baru di tiga tempat, pusat-pusat perbelanjaan, di antaranya Trans Studio Mall," kata Wiwiek usai menemui Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Kamis.

Pihaknya, kata Wiwiek tengah mengupayakan agar distribusi uang rupiah baru ini berjalan secara optimal.

"Sedang kita upayakan, karena kita tarik dalam jumlah yang besar sekali, distribusinya juga kita lakukan secara bertahap, tapi seharusnya semua bank sudah punya rupiah baru ini," jelasnya.

Dalam pertemuan dengan Gubernur Sulsel, Wiwiek juga memperlihatkan dan menjelaskan isu-isu terkait uang rupiah baru tersebut.

"Kami memperlihatkan bahwa tidak ada simbol palu arit, apalagi serupa dengan mata uang Cina, Yuan," kata dia.

BI, kata dia juga menyematkan fitur-fitur pengamanan baru dalam pecahan uang baru tersebut, sehingga tidak mudah dipalsukan.

"Dengan uang baru ini kita harapkan kebanggaan masyarakat terhadap rupiah semakin tinggi," pungkasnya.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga