Sabtu, 22 Juli 2017

Ketua Demokrat Sulsel Berniat Maju Pilgub

id pilgub sulsel, ketua demokrat sulsel, ni'matullah
Ketua Demokrat Sulsel Berniat Maju Pilgub
Ketua Partai Demoktat Sulsel Ni'matullah memberikan keterangan terkiat dengan niatannya maju menjadi Bakal Calon Gubernur Sulsel 2018 di Makassar, Kamis (9/3). (ANTARA FOTO/Darwin Fatir)
"Ada aspirasi dari bawah bahwa saya dianggap tokoh dan layak serta mempunyai kapasitas untuk memimpin daerah ini...
Makassar (Antara Sulsel) - Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Selatan (Sulsel) Ni`matullah berniat maju menjadi kandidat pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sulsel periode 2018-2023.

"Ada aspirasi dari bawah bahwa saya dianggap tokoh dan layak serta mempunyai kapasitas untuk memimpin daerah ini. Oleh karena itu saya sudah berpikir akan maju di pilgub nanti," kata Nikmatullah di Makassar, Kamis.

Menurut dia, selain menjadi ketua partai, juga dirinya memiliki pengalaman besar yang lahir dari kalangan aktivis, sehingga ini menjadi modal untuk menyuarakan kepentingan rakyat.

Menurut dia, dalam proses pejalanan dirinya dari sejak menjadi aktivis mahasiswa hingga saat ini menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel, tidaklah mudah, dan itu diperlukan perjuangan keras untuk meraih itu.

"Ini tantangan buat saya, memang dari dulu sampai sekarang selalu mau urus orang. Oleh karena itu, niat saya sudah bulat untuk maju di Pilgub nanti, agar bisa berbuat lebih besar lain untuk urus orang banyak," papar mantan aktivis Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar ini.

Ulla sapaan akrab Ni`matullah juga mengatakan, dirinya sudah mengetahui sinyal untuk diusung partainya, hanya saja belum dikeluarkan keputusan secara resmi dari DPP Partai Demokrat.

"DPP sudah tahu niat saya, tapi saya kan belum jalan untuk meminta restu. Sosialisasi memang diperlukan di awal untuk mengukur tingkat elektabilitas dan popularitas," katanya.

Legislator asal Fraksi Demokrat ini menambahkan Partai Demokrat nantinya menjalankan survei untuk mencari figur, yang akan dilaksanakan pada Juni 2017.

Terkait dengan adanya isu dirinya maju akan menjadi pemecah suara kandidat lain, Ni`matullah menampik hal itu, bahwa semua yang maju menjadi calon adalah sahabat dan rekannya.

"Tidak ada itu, ini kan mereka baru bakal calon dan semua bisa berubah, mengingat semua kandidat melakukan penjajakan dan pada akhirnya bermuara pada hasil survei," bebernnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemenangan DPP Partai Demokrat Andi Nurpati merespon niat Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel Ni`matullah untuk maju menjadi kandidat Pilgub 2018-2023.

"Tentu senang kalau ada kader Demokrat maju bertarung di Pilgub Sulsel," kata politisi asal Sulsel ini.

Kendati demikian, kata dia, mekanisme dalam mengusung calon kepala daerah harus berdasarkan survei dan proses penjaringan bakal calon.

Mantan komisioner KPU ini juga belum bisa membuka kapan proses penjaringan itu, tetapi untuk proses pendaftaran akan dibuka pada Juni 2017.

Sementara fungsionaris Partai Demokrat Sulsel Imran Asgar dalam beberapa kesempatan juga mengatakan atas dorongan dari kalangan masyarakat bawah untuk mengusulkan Ni`matullah maju pada Pilgub nanti, sudah bulat.

Indikatornya, kata dia, Ni`matullah adalah tokoh yang bersih, dan sukses memimpin Partai Demokrat yang memperoleh 11 kursi di DPRD Sulsel, serta secara geopolitik punya pengaruh di Kabupaten Bone dan Pangkep.

"Dengan indikator ini cukup sebagai modal kak Ulla untuk ikut bertarung di Pilgub Sulsel nanti," ujarnya.

Pihaknya menegaskan kader Demokrat akan melakukan konsolidasi internal agar solid berjuang untuk memenangkan kandidat dari partai berlambang bintang mercy itu.

Selain Ni`matullah, saat ini telah bermunculan sejumlah nama bakal calon gubernur Sulsel yang menyatakan maju pada Pilgub yang akan dilaksanakan tahun 2018 antara lain Ichsan Yasin Limpo (mantan Bupati Gowa/Ketua PMI Sulsel) dan Burhanuddin Andi (Komisaris PPI).

Selain itu Nurdin Abdullah (Bupati Bantaeng), Nurdin Halid (Ketua Harian DPP Partai Golkar/Plt Ketua DPD Golkar Sulsel), La Tinro La Tunrung (mantan Bupati Enrekang), Lutfy A Mutty (anggota DPR RI), dan Rivai Ras (Pendiri Universitas Hankam).

Sedangkan di posisi bakal calon wakil gubernur Sulsel mencuat nama-nama seperti Agus Arifin Nu`mang (wakil gubernur petahana), Akbar Faizal (anggota DPR RI), Ashabul Kahfi (Wakil Ketua DPRD Sulsel), dan Aziz Kahar Muzakkar (anggota DPD RI).

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga