Minggu, 30 April 2017

Petugas Disdukcapil Diamankan Karena Pungli Rp10 Ribu

id pungli, disdukcapil parepare, dicky sondani
Petugas Disdukcapil Diamankan Karena Pungli Rp10 Ribu
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani (FOTO/Dokumentasi)
"Tim Saber Pungli Polres Parepare berhasil mengamankan dua pelaku pungli, satu orang staf honorer ...
Makassar (Antara Sulsel) - Tim Operasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polres Parepare berhasil mengamankan Agusdam (29), pegawai kontrak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota setempat karena diduga telah menerima pungli Rp10 ribu.

"Tim Saber Pungli Polres Parepare berhasil mengamankan dua pelaku pungli, satu orang staf honorer Disdukcapil Parepare dan satu orang lagi juru parkirnya," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Kamis.

Selain staf pegawai kontrak bagian operator pembuatan akte kelahiran yang diamankan, satu orang juru parkir (jukir) di Kantor Disdukcapil Parepare bernama Chandra Majid (59) juga diamankan karena menjadi perantara.

Dicky menjelaskan, Tim Saber Pungli Polres Parepare awalnya mengamankan jukir Chandra Majid karena menjadi calo atau perantara antara warga dengan staf honorer Disdukcapil tersebut.

Dari hasil interogasi polisi kepada Chandra, diketahui jika dirinya menjadi perantara untuk warga yang ingin mempercepat proses pembuatan akta kelahiran anaknya.

Adapun besaran uang untuk mempercepat proses pembuatan akte kelahiran dan kartu keluarga (KK) itu yakni sebesar Rp50 ribu untuk setiap pengurusan.

"Setiap kali ada warga yang ingin menurus kartu keluarga atau akte kelahiran dan ingin prosesnya cepat biasa menggunakan jasa calo yang menjadi penghubung. Biasanya setelah selesai baru diberikan," katanya.

Diamankannya juru parkir dan petugas Disdukcapil itu setelah tiga hari berturut-turut melakukan pemantauan dan pengintaian aktivitas pungli tersebut dan setelah bukti-buktinya lengkap baru mengamankan pelakunya.

Bahkan, kata kabid humas, pengakuan Candra jika sejak Senin, Selasa dan Rabu pagi masing-masing melayani satu orang warga untuk mempercepat proses pembuatan sejumlah dokumen kependudukan tersebut.

Saat diamankan, Tim Saber Pungli Polres Parepare juga menyita uang Rp10 ribu dan satu lembar dokumen akte kelahiran sebagai barang buktinya.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga