Selasa, 28 Maret 2017

Basaria Panjaitan Ajak Polwan Antikorupsi

id kpk, basaria panjaitan, polwan, polrestabes makassar
Basaria Panjaitan Ajak Polwan Antikorupsi
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (tengah), Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Endi Sutendi (kiri) dan Kabag Ren AKBP Suswati Mulking (kanan) memberikan pengarahan kepada Polwan di Polrestabes Makassar, Kamis (16/3). (ANTARA FOTO/Darwin Fatir)
"Polwan harus melawan korupsi mulai dari kehidupan pribadi sampai kedinasannya...
Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Pol Purnawirawan Basaria Panjaitan mengajak Polisi Wanita (Polwan) bersikap antikorupsi.

"Polwan harus melawan korupsi mulai dari kehidupan pribadi sampai kedinasannya. Mari menjadi perempuan antikorupsi," kata Basaria saat memberikan pengarahan kepada Polwan di Markas Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Menurutnya, separuh dari penduduk Indonesia adalah perempuan, sehingga kaum hawa punya peranan yang penting dalam pemberantasan serta pencegahan korupsi.

Bila mana dari 50 persen perempuan penduduk Indonesia, lanjut mantan perwira Polwan itu dalam arahan maka perilaku pencegahan korupsi bisa dicegah sejak dini.

"Kalau saja dari dulu tidak ada perilaku korupsi maka pembayaran BPJS Kesehatan kita semua akan gratis, begitupun pendidikan dan hal lainnya dalam kehidupan," papar dia.

Basaria juga mengajukan pertanyaan apakah Polwan di dalam ruangan tersebut membayar saat masuk menjadi polisi? Para Polwan terdiam.

Perempuan kelahiran Pematangsiantar, Sumatera Utara, 20 Desember 1957, kemudian kembali membuka percakapan, bahwa tentu saja semua dikembalikan kepada bersangkutan. Ia yakin semua berjalan dengan sistem yang benar.

Pihaknya berharap agar Polwan di Polrestabes dan Polsek-polsek dapat mengikuti program Saya Perempuan AntikKorupsi (SPAK) mengingat sudah ada Polwan mengikuti program tersebut di Polsek Panakukang.

Kapolretabes Makasar Kombes Pol Endi Sutendi pada kesempatan itu memberikan apresiasi terhadap arahan pimpinan KPK agar Polwan ikut berperan sebagai anti korupsi mengikuti program SPAK.

"Kami bersyukur mendapat kunjungan ini. Polwan setelah mendapat arahan selanjutnya dapat mengikuti program SPAK untuk menjalankan perannya sebagai perempuan anti korupsi," harap mantan Kabid Humas Polda Sulsel itu.

Program SPAK diketahui mengandeng KPK kerja sama Australia Indonesia Partnership for Justice (AIPJ) untuk berperan menjadikan perempuan anti korupsi serta mencegah perilaku korupsi di Indonesia.

Kunjungan selanjutnya di Polsek Panakkukang untuk bertatap muka sekaligus memberikan pengarahan kepada Polwan di Polsek setempat didampingi Kapolsek Panakukang Kompol Dodik S.

Tujuan berkunjungan di Mapolsek Panakkukang itu karena merupakan salah satu contoh dan pertama Polwan anti korupsi ikut program SPAK.

"Di Polsek sini semua sudah sesuai prosedur dalam penanganan serta pelayanan kepada masyarakat," katanya saat memantau ruangan pelayanan.

Ia sebelumnya hanya mendengarkan, tapi setelah melihat langsung ternyata di Polsek Panakkukang, Polwannya bisa dijadikan contoh yang baik.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga