Selasa, 27 Juni 2017

Wantimpres-Polda NTT Bahas Pengamanan Perbatasan

id polda ntt, watimpres, pengamanan perbatasan, timor leste
"Kita ingin mengetahui sejauh mana tugas Polda dalam melaksanakan tugas...
Kupang (Antara Sulsel) - Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Bidang Pertahanan Keamanan menyambangi Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur untuk membahas sejumlah agenda terutama penguatan pengamanan di wilayah Perbatasan Negara Indonesia-Timor Leste.

"Kita ingin mengetahui sejauh mana tugas Polda dalam melaksanakan tugas di daerah termasuk salah satunya memperkuat pengamanan di daerah perbatasan," kata Ketua Tim Wantimpres Letjen (Purn) TNI M Yusuf Kartanegara kepada wartawan usai bertemu Kapolda NTT di Kupang, Senin sore.

Yusuf mengatakan pengamanan wilayah perbatasan menjadi agenda utama karena daerah NTT khususnya di Pulau Timor berbatasan wilayah darat secara langsung dengan Timor Leste selain berbatasan wilayah laut secara langsung dengan Australia.

"Kita ingin lihat langsung ada Pos Lintas Batas Motaain yang baru-baru ini juga sudah diresmikan oleh Presiden dan juga kita ingin mengetahui tugas-tugas yang sudah dilakukan oleh satuan-satuan di sana," katanya.

Untuk itu, katanya, pertemuan dengan Kapolda NTT Brigjen Pol Agung sabar Santoso dilakukan untuk mengetahui mekanisme tugas-tugas yang ada di pos lintas batas tersebut baik dari negara tetangga maupun dari Indonesia.

"Terutama juga penanganan terkait masalah-masalah yang menyangkut penyelundupan, narkoba, 'trafficking' dan sebagainya," katanya.

Dia mengatakan hasil pertemuan tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan yang selanjutnya akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut Yusuf menyebutkan ada pula agenda lain yang dibahas dalam pertemuan tersebut yakni terkait kenaikan status Polda NTT dari Tipe-B ke Tipe-A.

Menurutnya, akan ada penambahan tugas dan fungsi dan tentunya ada risiko terkait tuntutan terhadap tugas maupun kebutuhan-kebutuhan yang mendukung perubahan tipe tersebut.

Dia menambahkan dari sisi keamanan saat ini Watimpres tengah fokus untuk membina satuan-satuan yang bertugas di wilayah perbatasan negara.

"Untuk itu kita juga ingin mengetahui terkait koordinasi yang dilakukan sejauh ini baik untuk internal TNI-Polri termasuk dengan Pemda," katanya.

Selain menyambangi Polda NTT, Wantimpres juga akan berkunjung ke Kabupaten Belu dan akan bertemu dengan pihak Komando Resor Militer (Korem) setempat untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dilakukan termasuk kendala-kendala yang dihadapi.           

Editor: Laode Masrafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga