Jumat, 28 April 2017

KSAD Resmikan Nama Kodam XIV Hasanuddin

id ksad, kodam xiv hasanuddin, jenderal tni mulyono
KSAD Resmikan Nama Kodam XIV Hasanuddin
Peresmian nama Kodam XIV Hasanuddin dari nama sebelumnya Kodam VII Wirabuana melalui upacara militer di lapangan Karebosi, Kota Makassar, Rabu (12/4). (ANTARA FOTO/Suriani Mappong)
"Nama Hasanuddin punya punya sejarah pengingat perjuangan setia hingga akhir sesuai slogan TNI Angkatan Darat....
Makassar (Antara Sulsel) - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono meresmikan nama Kodam XIV Hasanuddin dari nama sebelumnya Kodam VII Wirabuana melalui upacara militer di lapangan Karebosi, Kota Makassar.

"Nama Hasanuddin punya punya sejarah pengingat perjuangan setia hingga akhir sesuai slogan TNI Angkatan Darat, " kata Mulyono di Makassar, Rabu.

Perubahan nama ini merupakan bagian dari program penataan organisasi TNI AD sesuai rencana strategis 2015-2019 selain melihat tantangan yang semakin berat dan ancaman yang semakin kompleks serta multidimensional.

"Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang membantu mendorong dan meberikan kontribusi dalam kegiatan ini," katanya.

Sementara Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada KSAD atas peresmian perubahan nama Kodam XIV Hasanuddin.

"Terima kasih Jenderal, atas pengembalian nama Kodam Hasanuddin. Tentunya nama ini akan semakin mengangkat martabat dan korps TNI khususnya di wilayah Sulsel, Sulbar dan Sultra," ucap Syahrul dihadapan perwira TNI AD.

Syahrul mengemukakan sosok Sultan Hasanuddin merupakan simbol perjuangan masyarakat Bugis dan Makassar, Mandar dan Toraja. Meski demikian bukan menjadi milik Sulsel saja tapi Sultan Hasanuddin adalah pahlawan Indonesia.

Selain itu, Sultan Hasanuddin adalah sosok pejuang dengan berjuang setia hingga akhir dalam mempertahankan wilayah NKRI sehingga darah yang mengalir di tubuh masyarakat Sulsel merupakan bentuk kesetiaan kepada negara.

"Kami sudah terbiasa dengan perjuangan itu Jenderal. Darah turunan kami juga mengalir darah Sultan Hasanuddin," kata Syahrul dalam acara itu.

Selain itu, acara dilakukan pagelaran drama mengisahkan perjuangan Sultan Hasanuddin dalam melawan Belanda, serta atraksi terjun payung yang memukau penonton.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga