Minggu, 28 Mei 2017

Pemkab Bantaeng Sosialisasi Perpres Penanganan Pengungsi

id bantaeng, sosialisasi, perpres nomor 125 tahun 2016
Pemkab Bantaeng Sosialisasi Perpres Penanganan Pengungsi
Wakil Bupati Bantaeng H Muhammad Yasin (tiga kiri depan) pada sosialisasi Perpres Nomor 125 Tahun 2016 Tentang Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri di Bantaeng, Jumat (19/5).(FOTO/Syamsurya Pratama)
Bantaeng (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Bantaeng kerjasama dengan Kantor Imigrasi Kelas I Makassar Kementerian Hukum dan HAM RI menggelar sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2016 Tentang Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri.

"Yang terpenting dari Perpres ini adalah implementasi yang sangat terkait dengan pemahaman dan kemampuan aparat di lapangan untuk menjalankannya," kata Wakil Bupati Bantaeng H Muhammad Yasin saat membuka sosialisasi di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Jumat.

Menurut Yasin, sosialisasi ini bertujuan agar penanganan imigran dari luar negeri lebih tenang dan lebih jelas siapa yang bertanggung jawab baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

"Masuknya pengungsi Luar Negeri memang harus ditangani secara serius dan tidak bisa ditolerir begitu saja karena dapat memicu gejolak sosial dikemudian hari," katanya.

Selama ini, kata Wabup pengungsi dan pencari suaka dari luar negeri dipandang secara negatif sebagai imigran gelap atau illegal, karena itu kita harus bertindak secara tegas untuk tidak menampung imigran gelap dengan cara yang baik dan mengedepankan unsur-unsur kemanusiaan dan HAM.

"Oleh sebab itu perlu kerjasama yang kongkret dengan instansi terkait untuk penanganan pengungsi dari luar negeri," ujar Yasin.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga