Sabtu, 23 September 2017

Pendaftar Sandeq Race Sulbar 23 Peserta

id Sandeq race, sulbar
Pendaftar Sandeq Race Sulbar 23 Peserta
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar saat menerima Panitia Sandeq Race 2017 di ruang oval Kantor Gubernur Sulbar, Rabu (5/7). (FOTO/Humas Pemprov Sulbar)
Mamuju (Antara Sulbar) - Pendaftar perlombaan perahu tradisional di Provinsi Sulawesi Barat yang disebut lomba "Sandeq Race" telah mencapai 23 peserta dan masih akan bertambah.

"Jumlah pendaftar saat ini sudah mencapai 23 peserta, dan kemungkinan besar jumlah pendaftar tersebut akan terus bertambah," kata panitia pelaksana Sandeq Race, Syam di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, lomba sandeq race akan diselenggerakan pada bulan Agustus sekaligus akan memeriahkan rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia (HUT) RI.

Disamping juga lanjutnya bulan Agustus sangat tepat bagi nelayan Sulbar mengikuti ajang tersebut karena saat itu mereka berlibur melaut melaut karena angin kencang berhembus.

Menurut dia, acara tersebut terselenggara atas kerjasama pemerintah di Sulbar dan pemerintah kabupatennya serta sejumlah perusahaan, perbankan dan sejumlah pihak lainnya yang mendukung di Sulbar.

Salah seorang penggagas lomba Sandeq Race, Horst Liebner, yang merupakan peneliti asal Universitas Koeln, Jerman, dan sebelumnya g membuat penelitian mengenai pembuatan perahu Sandeq tahun 1995, mengatakan lomba tersebut sangat menarik bagi wisatawan dari sejumlah mancanegara yang dapat berkunjung ke Sulbar.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menyampaikan , pelaksanaan Sandeq Race diharapkan dapat terkoordinasi dengan baik sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, sesuai dengan harapan kita bersama.

Ia mengatakan, pelaksanaan sandeq race tahun ini harus ada perbedaan pelaksanaan dibanding tahun sebelumnya, terutama dalam perbedaan hadiah, dan pemberian hadiah harus diberikan kepada peserta pemenang pada setiap etape.

"Ini agar bisa menambah semangat bagi peserta lomba, dan juga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi masyarakat luas untuk ikut andil dalam perlombaan," katanya.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga