Selasa, 22 Agustus 2017

Polda Sulsel Kerahkan 2.000 Personel Amankan Presiden

id jokowi, harkopnas, polda sulsel, dicky sondani
Polda Sulsel Kerahkan 2.000 Personel Amankan Presiden
Ilustrasi aparat kepolisian (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Makassar (Antara Sulsel) - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menyiagakan dan mengerahkan sekitar 2.000 personel untuk pengamanan Presiden Joko Widodo selama berada di Makassar dalam pembukaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas).

"Untuk pengamanan presiden itu ada mekanismenya dan selalu membaginya dalam tiga ring," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, pengamanan presiden selalu menjadi tanggung jawab dari pasukan pengaman presiden (Paspampres) yang berada di ring satu, kemudian di ring dua untuk TNI dan ring tiga bagi personel Polri.

Dicky mengaku, pengamanan presiden menjadi tanggung jawab bersama, karenanya Polri selalu dilibatkan dalam rapat koordinasi dengan TNI maupun Paspampres.

"Tupoksinya sejak lama sudah ada dan setiap kali rapat teknis dan koordinasi selalu dilibatkan untuk pengamanannya. Pola pengamanannya juga itu ada yang terbuka dan tertutup," katanya.

Sebelumnya, pelaksanaan peringatan Harkopnas dan pembukaan Kongres III Koperasi itu akan dilaksanakan di salah satu hotel bintang lima di Makassar pada Raby 12 Juli 2017.

Selain kegiatan yang dilaksanakan di hotel, kegiatan juga akan diwarnai dengan dari acara pembukaan seperti, Expo koperasi nasional dan internasional, Kongres III Koperasi hingga jalan sehat yang mengambil rute strat di Pantai Losari dan finish di Lapangan Karebosi.

Hal istimewa lainnya pada peringatan Harkopnas ke - 70 adalah dukungan Presiden Joko Widodo terhadap program pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang digulirkan oleh Wali Kota Danny. Selama berada di Makassar, Presiden Joko Widodo diagendakan mengunjungi Badan Usaha Lorong (BULo) Makassar.

"Ketua Dekopin Pusat Bapak Nurdin Halid memperkenalkan BULo Makassar kepada bapak presiden, dan Alhamdulillah beliau (presiden) sangat mengapresiasi dan diagendakan berkunjung ke salah satu BULo Makassar," terang Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Ribuan peserta dari insan koperasi se - Indonesia akan membanjiri Makassar selama perhelatan ini. Wali Kota Danny berharap dengan sejumlah persiapan yang dimatangkan, Harkopnas ke-70 dapat berlangsung sukses.

Apalagi perhelatan ini menjadi salah satu peristiwa bersejarah bagi insan koperasi Indonesia. Makassar menjadi tuan rumah Kongres III Koperasi setelah Tasikmalaya di tahun 1947, dan Bandung 1953. Keputusan - keputusan penting yang akan melejitkan koperasi di Tanah Air bakal lahir dari Makassar.

Editor: Laode Masrafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga