Senin, 25 September 2017

DLH Optimistis Selesaikan Masalah Sampah Kota Palu

id sampah, dlh palu
DLH Optimistis Selesaikan Masalah Sampah Kota Palu
Ilustrasi sampah (ANTARA FOTO/Lucky R)
Palu (Antara Sulsel) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, Sulawesi Tengah, merasa optimis dapat menyelesaikan masalah sampah di daerah tersebut, dengan berbagai cara.

Kepala DLH Kota Palu Ramli Usman mengemukakan terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalh sampah di kota tersebut, untk mewujudkan kebersihan.

"Saya yakin masalah sampah bisa diselesaikan untuk mewujudkan Kota Palu yang bersih dan indah," kata Ramli Usman kepada Antara saat ditanya mengani penanganan sampah kota.

Ramli Usman menguraikan DLH memiliki kurang lebih 40 unit dump truck yang semuanya dalam kondisi baik, artinya dapat digunakan secara maksimal untuk mengangkut sampah.

Pihaknya, kata dia, membagi wilayah penanganan sampah dengan 40 truck dump tersebut yang tersebar di delapan kecamatan di Kota Palu.

"Kita memiliki 40 kendaraan besar yang kapasitasnya cukup lumayan untuk mengangkut sampah masyarakat, setiap hari," kata Ramli Usman.

DLH, sebut dia, akan merubah pola pengangkutan sampah dari tempat tempuangan sampah sementara ke tempat pembuangan sampah akhir di Kelurahan Kawatuna.

"Mulai tanggal 25 Juli ada perubahan pola pengakutan sampah. Yaitu penanganan sampah dan pengakutannya akan diselesaikan secara kewilayaan dan lintasan kendaraan operasional setiap hari," urainya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar membuang sampah atau meletakkan sampah di pinggiran jalan depan rumah sejak pukul 18.00 sampai 06.00 wita

"Jangan membuang atau meletakkan sampah pada pagi hari. Buanglah di waktu sore sampai pagi. Bagi masyarakat yang jauh dengan TPS maka menaruh sampah di karung atau kantong plastik kemudian letakkan di depan rumah," ujarnya.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga