Selasa, 22 Agustus 2017

Wali Kota Targetkan Satu Juta Pengunjung F8

id walikota makassar, f8
Wali Kota Targetkan Satu Juta Pengunjung F8
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat gala dinner F8 2017 di Eboni Ballroom, Makassar, Senin (17/7). (FOTO/Humas Pemkot Makassar)
Makassar (Antara Sulsel) - Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Moh Ramdhan Pomanto menargetkan satu juta pengunjung pada Makassar International Eight Festival (F8) pada September 2017.

"Kami targetkan pengunjung F8 Makassar ini sekitar satu juta orang. Kami tidak main-main dan memang target harus tinggi," kata Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan festival tahunan Makassar ini akan lebih sukses dari tahun sebelumnya khususnya dari tingkat kunjungan di mana pada sebelumnya hanya sekitar 300 ribu orang.

Menurutnya, perhelatan Makassar F8 berbeda dengan tahun sebelumnya akan sedikit berbeda, kendati pada setahun lalu itu berjalan sukses dan bahkan telah melampaui target dari panitia penyelenggara.

Makassar F8 pertama yang digelar pada 8-10 September 2016 itu berjalan sukses dengan hadirnya para kepala daerah kabupaten/kota maupun provinsi serta para delegasi dan wisatawan luar negeri yang menjadi undangan.

Selama kegiatan, Makassar F8 telah sukses mendulang pengunjung hingga 290.574 orang, hampir lima kali lipat dari target 60.000 pengunjung yang ditarget oleh panitia penyelenggara.

"Dari segi target pastinya akan lebih besar lagi target tahun ini. Satu juta pengunjung target kita tahun ini, tahun lalu kan sampai lima kali lipat dari target yang datang," jelasnya.

Danny menyatakan jika masa perhelatan untuk tahun ini jauh lebih panjang dari tahun sebelumnya di mana pada 2016 itu hanya memakan waktu sekitar tiga hari. Sedangkan tahun ini akan memakan waktu lima hari.

"Tahun ini kita gelar lima hari. Rencananya mulai dari tanggal 6-10 September 2017. Tempatnya juga masih sama, di anjungan Pantai Losari," katanya.

Banyak hal menarik yang ditawarkan event yang mengangkat tema sentral penghormatan pada asal dengan menggali konsep akar sejarah, perubahan, pemahaman, dan implementasinya.

Setiap event Makassar F8 mengusung tema berbeda, seperti Fine Art yang menyajikan delapan event mengusung tema The Pride of Makassar.

Ada perlombaan melukis bagi pelajar SMP hingga perguruan tinggi di awal pembukaan, juga ada pameran melukis bersama masyarakat sepanjang 200 meter selama lima hari yang diawali dengan melukis di atas kain sepanjang 40 meter.

Ditambah live painting di 10 titik dari ujung Jalan Haji Bau sampai Makassar Golden Hotel. Selain itu, ada body painting di tiga titik anjungan dengan tema pahlawan.

"Direncanakan mengadakan `fine art touring` di Pulau Lae - Lae dan Leang - Leang yang dimanfaatkan sebagai media promosi Makassar F8," terang Azis, kurator fine art, saat rapat kordinasi.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga