Makassar, 29/10 (ANTARA) - Pengurus Partai keadilan Sejahtera (PKS) Sulawesi Selatan menggelar perhitungan suara pemilihan Walikota Makassar yang dipusatkan di Markas Pemenangan Pemilu PKS, di Makassar, Rabu.



Selain kandidat walikota-wakil walikota usungan PKS, Halim Razak dan Jafar Soding (Hajar), Markas Pemenangan di jalan Sungai Tangka tersebut juga dipenuhi puluhan simpatisan dan para pendukung Hajar.

Ribuan tenaga pelapor suara PKS siang ini ditempatkan di 1.792 Tempat Pemilihan Suara (TPS) di 14 kecamatan di Makassar. Bukan hanya pasangan Halim Razak dan Jafar Soding, mereka juga terus melaporkan data perkembangan jumlah suara enam kandidat lainnya.
"Kita sengaja menampilkan ini, supaya semua bisa menyaksikan," ujar Halim Razak.

Pelaporan dilakukan petugas lapangan dengan metode pengiriman sms. Petugas penerima laporan di Markas Pemenangan PKS yang menerima data tersebut langsung memasukkannya ke komputer pengolahan data, dan menampilkannya dengan sebuah televisi berlayar lebar.

Hingga pukul 16.30 wita, hasil perhitungan suara PKS menunjukkan total suara yang sudah dilaporkan masuk berjumlah 91.254.Pasangan Ilham Arif Sirajuddin-Supomo Guntur (IASmo) menempati urutan pertama dengan jumlah61.170 (67,03 persen).

Tempat kedua oleh Idris Manggabarani-Adil Patu (Idial) dengan perolehan 16.463 (17,61 persen). Ketiga, pasangan Halim Razak-Jafar Soding (Hajar) dengan perolehan 7.102 (7,78 persen).

Empat calon independen lainnya, berturut-turut Ridwan Musa Gani-Razak Djalle (RI) memperoleh 1.987 (2,18 persen), Irwansyah Mappasawang-Kasma (Pasmi) memperoleh 2.165 (2,37 persen), Iriantosyah Kasim-Razak Djalle memperoleh 2.084 (2,28 persen), Ilham Alim Bachri-Herman Handoko (Idola) memperoleh677 (0,74 persen).

Selain PKS, perhitungan suara juga dilakukan pasangan IASmo di Markas Iasmo, jalanMaipa menggunakan Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Pasangan Idial di Posko Kibar Prima, jalan Boulevard menggunakan PT. LSI.

Sementara itu dilaporkan, perhitungan suara diTPS 48 Kelurahan Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya, terpaksa diulang. TPS tersebut merupakan tempat pemilihan Kandidat Wakil Walikota Makassar Jafar Soding.

Pengulangan dilakukan karena sejumlah saksi dari perwakilan kandidat meragukan hasil awal yang dilakukan PPS di TPS tersebut.

Di TPS 48 Kelurahan Rappocini Lapas Klas I Gunung Sari, pasangan Iasmo dinyatakan menang telak dengan memperoleh 80 persen dari total 768 suara narapidana (napi) pemilih.Tujuh suara dinyatakan tidak sah dalam pemungutan di TPS tersebut. ***3***
(T.K-SUR/B/F003/F003) 29-10-2008 18:51:01

COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar