Sulbar Kerjasama China Bangun Rumah Murah

Mamuju (Antara News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menjalin kerjasama dengan investor China untuk rencana pembangunan rumah murah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di daerah itu.

"Program Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) telah merencanakan pembangunan rumah murah. Karena itu kami berencana menggandeng pengusaha China untuk mewujudkan rencana ini,"kata gubernur Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Senin.

Menurutnya, rencana kerjasama tersebut telah dibahas saat melakukan kungjungan kerja ke negara China belum lama ini.

"Kita inginkan pembangunan rumah murah ini menggunakan rangka baja ringan yang diproduksi di China. Menggunakan bahan baku rangka baja cukup enteng dan mudah didapatkan,"kata dia.

Namun demikian kata gubernur, rencana ini belum bersipat final dan akan ditindaklanjuti pada pertemuan selanjutnya yang direncanakan dilaksanakan di Mamuju.

Gubernur menyampaikan pembangunan rumah bagi PNS ini sangat murah dan terjangkau bagi PNS golongan II.

"Tahun ini pemerintah telah menyiapkan lahan tanahnya untuk pembangunan perumahan PNS tersebut, dan kini tinggal menunggu realisasi pembangunannya."terangnya.

Pembangunan rumah murah ini kata dia, juga salah satu upaya peningkatan kesejahteraan PNS sehingga tak ada lagi pegawai pemerintah tinggal di rumah kos-kosan.

Karena itu kata dia, pembebasan lahan untuk pembangunan rumah murah itu tak ada hambatan berarti dalam mendukung percepatan realisasi pembangunan rumah murah bagi PNS Sulbar.

"Selama ini pemerintah memiliki banyak rencana untuk mendukung percepatan pembangunan. Namun, pemerintah kerap dihadapkan persoalan pembebasan lahan yang nilainya tak wajar,"pungkasnya.
(Editor : M Taufik)