Sulsel bukukan transaksi ekspor 90,34 juta dolar

id bps sulsel,ekspor sulsel,Kepala Bidang Statistik Distribusi

Kepala Bidang Statistik Distribusi, BPS Sulsel Akmal (ANTARA FOTO/Muh Hasanuddin

Makassar (Antaranews Sulsel) - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai perdagangan ekspor semua komoditas unggulan Sulawesi Selatan pada April 2018 sebesar 90,34 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Kepala Bidang Statistik Distribusi, BPS Sulsel Akmal di Makassar, Selasa, mengatakan, transaksi nilai ekspor di Sulsel masih sering fluktuatif di mana bulan sebelumnya mencatat angka yang lebih baik yakni 91,90 juta dolar AS.

"Kalau membandingkan dengan bulan sebelumnya ada penurunan beberapa poin di bulan ini, sekitar 1,68 persen," ujar dia.

Berdasarkan pencatatan yang dilakukan oleh BPS Sulsel, nilai ekspor pada April tercatat sebesar 90,34 juta dolar Amerika Serikat (AS) mengalami penurunan 1,68 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 91,90 juta dolar AS.

Ia mengatakan, capaian pada April 2018 ini jika dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun 2017 juga mengalami kenaikan sebesar 2,53 persen karena pada bulan itu capaiannya mencapai 88,10 juta dolar AS.

Adapun unggulan komoditas Sulsel yang turut membantu kenaikan nilai transaksi ekspor itu yakni nikel dengan angka 52,65 juta dolar AS.

Pada komoditas ini, BPS mencatat kontribusi hingga 58,28 persen dari seluruh komoditas yang menjadi bahan ekspor.

Sedangkan sisanya, terdapat komoditas biji-bijian berminyak dan tanaman obat sebesar 14,04 juta dolar AS atau menyumbang 15,55 persen, kemudian garam belerang dan kapur sebesar 5,24 juta dolar AS (5,80 persen).

Untuk komoditas gandum-ganduman sebesar 4,86 juta dolar AS (5,38) serta ikan, udang dan hewan air tidak bertulang belakang lainnya sebesar 2,48 juta dolar AS atau sekitar 3,47 persen dari total keseluruhan jumlah ekspor.

"Di Sulsel itu ada 10 kelompok komoditas yang memberikan sumbangan nilai transaksi terbesar. Tapi kita selalu ambil pada lima angka terbesar komoditas dan setiap bulannya itu kebutuhan ekspor berdasarkan komoditas selalu berubah-ubah kecuali nikel," ucapnya.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar