Penjabat gubernur apresiasi kedewasaan berpolitik paslon Sulsel

id pilkada sulsel,soni sumarsono,penjabat gubernur sulsel,kedewasaan berpolitik paslon Sulsel,pilkada serentak 2018

Foto dokumentasi. Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono (dua kiri) didampingi Pangdam XIV Hasanuddin Agus Surya Bakti (empat kiri) meninjau pelaksanaan Pilkada serentak di TPS 15 Kelurahan Banta-Bantaeng, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sulsel, Rabu (27/6). ANTARA FOTO/Nurhaya J. Panga/18.

Makassar (Antaranews Sulsel) - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Soni Sumarsono mengapresiasi kedewasaan berpolitik para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada pemilihan kepala daerah 2018.

"Pasangan calon (paslon) penuh kedewasaan berpolitik, mereka sudah saling menyapa bahkan sudah saling menyampaikan ucapan selamat," kata Soni di Makassar, Selasa.

Kedewasaan berpolitik inilah, kata dia, yang turut mendukung sehingga pilkada serentak di semua tingkatan, baik pemilihan gubernur maupun wali kota/bupati hampir tidak ada masalah.

Ia berharap sikap ini juga akan diikuti oleh para tim sukses dan para pendukungnya. Bahwa terpilihnya pasangan calon dalam pilkada ini menjadi kemenangan rakyat Sulsel.

"Karena itu mari kita akhiri proses kampanye, akhiri proses perbedaan. Mari kita sama-sama maju tanpa harus melihat lagi yang kemarin pilih siapa," katanya.

Yang jelas, kata dia, saat ini masyarakat di Sulsel telah memiliki pemimpin bersama wakilnya.

"Itu adalah pemimpin kita untuk lima tahun ke depan. Jadi saya kira mari bangun semangat kekeluargaan dan kebersamaaan sebagaimana nilai tata atau budaya Sulsel," ujarnya.

Ia meminta seluruh unsur masyarakat semakin mengedepankan nilai "sipakaianga" (saling mengingatkan) "sipakalebbi" (memanusiakan sesama manusia), "sipakainge" (merupakan sifat saling mengingatkan) dan "sipatokkong" ?(juga bisa diartikan saling membantu).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno rekapitulasi suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Pilkada Sulsel) di 24 Kabupaten/Kota, Minggu (8/7) hingga Senin (9/7).

Dari hasil rekapitulasi tersebut, pasangan calon nomor urut 3 Prof Nurdin Abdullah-Andi Surdirman Sulaiman (Prof Andalan) memperoleh suara terbanyak, yaitu 1.867.303 suara. Pasangan nomor urut 1 Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) memperoleh 1.162.751 suara. Pasangan nomor urut 4 Ichsan Yasin Limpo-Andi Musakkar (IYL-Cakka) memperoleh 807.330 suara. Sementara, pasangan nomor urut 2 Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo memperoleh 419.055 suara.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar