Parpol target perolehan kursi DPRD Sulsel tinggi

id parpol,bacaeleg,kursi dprd sulsel,kpu sulsel

Pengurus DPD I Partai Demokrat Sulsel memeriksa ulang dokumen Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk diverifikasi di Kantor KPU Sulawesi Selatan, Makassar, Selasa (17/7). ANTARA FOTO/Darwin Fatir/18.

Makassar (Antaranews Sulsel) - Sejumlah Partai Politik di Sulawesi Selatan memasang target tinggi dalam perolehan kursi di tingkat DPRD Provinsi pada Pemilihan Legislatif 2019.

"Kami di Gerindra tetap optimistis menambah perolehan kursi, kita tingkatkan sampai 40 persen, dari sebelumnya 11 kursi menjadi 18 kursi termasuk kuota perempuan, mohon doa dan dukungannya," kata Ketua DPD I Partai Gerindra Sulsel Idris Manggabarani usai mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di kantor KPU Sulsel, Makassar, Selasa.

Sedangkan Ketua DPD I Partai Demokrat, Ni`matullah Erbe menyebutkan tidak sesumbar dengan partai lain, pihaknya optimistis Demokrat masih di hati masyarakat sehingga dukungan rakyat masih tetap konsisten terhadap partai.

"Saat ini kami di DPRD Sulsel ada 11 kursi, kita targetkan naik menjadi 15 kursi atau tetap satu fraksi penuh. Kami yakin itu karena Bacaleg yang ada di Demokrat sudah dikenal masyarakat apalagi ada mantan Wakil Bupati ikut mendaftar," beber dia.

Mengenai dengan kuota Bacaleg Perempuan, lanjut Wakil Ketua DPRD Sulsel ini sanagt diperhatikan yakni sebanyak 39 persen atau melebihi kuota 30 persen dari persyaratan penyelenggara. Dari 11 Daerah Pemilihan (Dapil) ada tiga perempuan diberikan nomor urut satu.

Sementara Ketua DPD I Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulsel, Surya Darma mengungkapkan, kendati partainya diterpa masalah internal, namun pihaknya tetap konsisten menjalankan roda organisasi termasuk dalam perekrutan Bacaleg

"Target kita satu kursi satu Dapil, berarti ada 11 kursi. Setiap orang boleh memprediksi dan menargetkan. Insya Allah kita lihat saat ini banyak kader yang bagus-bagus," katanya.

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulsel Fadli Noor usai mendaftar mengatakan, khusus PSI merupakan partai berbasis anak muda Bacaleg yang didaftarkan mencapai 85 orang, 40 persen diantaranya perempuan, sementara mayoritas diisi berusia muda, meskipun beberapa diantaranya berusia 50 tahun keatas.

"Target kami tetap satu fraksi di DPRD Sulsel. Bacaleg kami ada yang pengusaha muda, penggiat sosial dan lainnya. Kami partai baru mulai dari nol tapi target tetap optimis karena kerja-kerja untuk mendapatkan elektoral tentu dari jaringan pertemanan," ungkap dia.

Untuk Partai Golkar melalui Sekretaris Partai Golkar Sulsel, Abdillah Natsir seusai menyerahkan 85 nama Bacalegnya mengatakan target Golkar tetap konsisten minimal disisi dua kursi satu dapil atau sekitar 21 perolehan kursi.

"Kami yakin Golkar masih di hati masyarakat Sulsel, tentunya target tidak terlalu jauh dengan Pileg 2014 lalu atau perolehan sebanyak 21 kursi," ulas dia mewakili Ketua DPD I Golkar Sulsel Nurdin Halid yang sedang berada di Yunani.

Sebelumnya, Ketua Bappilu DPW NasDem Sulsel Irfan Jaya mengutarakan tetap menargetkan NasDem sebagai pemenang pemilu. Untuk target perolehan kursi tingkat DPRD Sulsel meningkat dari sebelumnya.

"Kursi NasDem saat ini di DPRD Sulsel yang diperoleh pada Pileg 2014 lalu sebanyak tujuh kursi, Pileg 2019 nanti ditingkatkan menjadi 15 kursi dari 11 Daerah Pemilihan di Sulsel," katanya.

KPU Sulsel masih membuka pendaftaran Bacaleg hingga pukul 24.00 WITA. Sebanyak 12 Parpol sudah mendaftarkan Bacalegnya. Usai masa pendaftaran berakhir malam ini, KPU akan melanjutkan verifikasi berkas hingga Rabu (18/7). Dan jadwal perbaikan berkas dimulai 21- 31 Juli 2018.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar