Obor Asian Games singgahi Pantai Bira-Losari

id obor asian games 2018, Pantai Bira-Losari,kadispora sulsel,Sri Endang Sukarsih

Api obor Asian Games 2018 yang baru saja tiba di Indonesia melintasi kota pertama yakni Yogyakarta sebagai tempat persinggahan paling awal. (Hanni Sofia)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Obor Asian Games 2018 sesuai rencana akan singgah di Pantai Bira Bulukumba dan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan pada 28 hingga 30 Juli 2018.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Pemerintah Provinsi Sulsel, Sri Endang Sukarsih di Makassar, Kamis, mengatakan obor sesuai jadwal akan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada 28 Juli 2018 dan selanjutnya langsung dibawa menuju Tanjung Bira, Bulukumba.

"Selama perjalanan(menuju Pantai Bira Bulukumba), tentunya akan disiapkan acara penyambutan meriah di setiap daerah yang dilewati mulai dari Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Bulukumba," katanya.

Dan setelah tiba di Tanjung Bira, Bulukumba, kembali disiapkan sejumlah acara penyambutan dengan menampilkan berbagai kebudayaan. Salah satunya memperkenalkan pembuatan perahu Phinisi," katanya.

Kemudian keesokan harinya, lanjut Sri Endang, kirab obor Asian Games 2018 akan dibawa kembali ke Makassar namun melalui jalur laut dengan menggunakan Kapal Phinisi dan tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta.

Selanjutnya dari Pelabuhan Soetta akan menuju ke Pangkalan Angkatan Laut Vl (Lantamal) Makassar menggunakan kapal Dewaruci dan diarak ke Pantai Losari yang merupakan ikon Kota Makassar sekaligus sebagai lokasi puncak acara.

"Prosesi penyambutan obor Asian Games dilakukan dengan pesta budaya. Ini menjadi kesempatan bagi kami untuk memperkenalkan kebudayaaan empat etnis yang ada di Sulsel, Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar," ujarnya.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar