Makassar siap meriahkan kirab obor Asian Games

id Obor,Asian games 2018

Api obor Asian Games 2018 yang baru saja tiba di Indonesia melintasi kota pertama yakni Yogyakarta sebagai tempat persinggahan paling awal. (Hanni Sofia) (/)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar siap menyukseskan dan memeriahkan prosesi kirab obor api Asian Games atau Torch Relay Asian Games 2018 yang digelar pada 28-29 Juli 2018.

Kadispora Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin di Makassar, Jumat, mengatakan obor api Asian Games rencana tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar pada 28 Juli dari Raja Ampat, Papua dan langsung dibawa ke Pantai Bira, Kabupaten Bulukumba sebelum kembali ke Makassar pada keesokan harinya.

"Kota Makassar mendapatkan kepercayaan yang begitu besar dari pemerintah karena masuk dalam 54 kota dari 18 provinsi yang menjadi daerah persinggahan api Asian Games. Jadi ini merupakan momentum untuk memperkenalkan "somberena" (ramahnya) masyarakat kota Makassar bahwa kita adalah tuan rumah yang baik," katanya.

Ia menjelaskan, setelah tiba di Anjungan Pantai Losari dari Bulukumba, ?obor api akan diterima oleh Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan unsur Forkopimda. Menurut rencana akan ada pataka dan penyerahan obor

Pemkot Makassar memastikan akan memanfaatkan momentum langka itu dengan maksimal dengan ?memperkenalkan pariwisata, pertunjukan seni maupun budaya Kota Makassar.

"Ini kesempatan kita promosi. Karena menurut rapat terakhir dari INASGOC, ada 45 media asing yang juga ikut meliput kegiatan ini. Kita akan menunjukkan perform adat kita, budaya kita. Ada Angngarru, Gandrang Bulo, dan pidato dari perwakilan Walikota,"jelasnya.

Seusai penyambutan di Anjungan Pantai Losari, kirab obor selanjutnya akan diarak melintasi sejumlah jalan di Kota Makassar.?

Adapun rute yang akan dilalui meliputi Jalan Penghibur, melalui Benteng Fort Rotterdam, Balaikota di Jalan Ahmad Yani, Lapangan Karebosi dan Monumen Mandala di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Chairil Anwar, Jalan Hasanuddin, Jalan Sawerigading, dan Lapangan Hasanuddin.

Menurut dia, Wali Kota Makassar ?akan menerima obor itu di Lapangan Hasanuddin dan akan berlari ke Gubernuran untuk menyerahkan kepada Gubernur Sulsel dan akan diinapkan di Rujab Gubernur untuk besoknya dibawa ke Banjarmasin.

Achmad Hendra Hakamuddin juga mengajak warga Makassar ikut terlibat mensukseskan acara kirab obor Asian Games ini.

"Kami mengajak seluruh warga Makassar menyemarakkan Asian Games. Kami juga meminta maaf kepada pengguna jalan karena mulai pukul 17.00 Wita sampai Magrib lalu lintas pasti akan tersendat," sebut dia.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar