Walhi: perlu perda terkait plastik sekali pakai

id walhi,perda plastik sekali pakai

Wahana Lingkungan Hidup (Antara News)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Lembaga Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) bersama penggiat lingkungan meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan segera membuat Peraturan Daerah tentang Pembatasan Penggunaan Produk Plastik Sekali Pakai.

Staf advokasi Walhi Sulsel Riski di Makassar, Jumat, juga meminta pemprov setempat berani menuntut pertanggungjawaban pihak swasta yang menciptakan produk plastiknya setelah perda tersebut lahir, termasuk memberikan sanksi.

Ia memandang perlu Pemprov Sulsel belajar dari Pemerintah Kota Bandung dan Balikpapan yang sudah membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang Penggunaan Plastik dengan tujuan mengurangi beban sampah plastik yang terus bertambah.

Upaya tersebut harus dilakukan Pemrov Sulsel bersama Pemerintah Kota Makassar dalam mengurangi timbunan sampah plastik, salah satunya membuat aturan yang tegas guna membatasi penggunaan barang-barang plastik sekali pakai.

Misalnya, menghentikan penyediaan kantong plastik untuk berbelanja di ritel modern. Selanjutnya, menggantinya dengan kantong khusus yang bahan bakunya bukan dari bahan plastik agar bisa terus dipakai.

Hal itu mengingat, kata dia, sampah plastik sangat sulit terurai oleh alam, atay butuh waktu puluhan bahkan ratusan tahun agar dapat terurai dengan tanah, apalagi dibuang ke laut yang dampaknya merusak ekosistem.
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar