Paris dan Brussels gelar "car free day"

id car free day,polusi udara,paris,brussels,hari bebas kendaraan bermotor,eropa

Jalanan di depan Stasiun Kereta Metro Bir-Hakiem, dekat Menara Eifel, Paris, Prancis. (ANTARA News/Alviansyah Pasaribu)

Paris (Antaranews Sulsel) - Ibu kota Prancis, Paris, dan pusat kota Belgia, Brussels, menggelar hari bebas kendaraan bermotor (car free day) untuk mengurangi polusi udara di Eropa.

Wali kota Paris Anne Hidalgo dan rekannya dari Brussels, Philippe Close pada Sabtu (15/9) malam, mengajak pimpinan dari kota-kota besar di Eropa agar ikut menggelar hari bebas kendaraan karena "urgensi masalah iklim dan dampak kesehatan akibat polusi".

Kedua ibu kota pada hari ini akan mengadakan hari bebas kendaraan tahunan bertepatan acara European Heritage Days 2018, sebuah festival akhir pekan yang menampilkan pertunjukan budaya di Eropa.

Paris akan menggelar car free day pada setiap hari Minggu pada pekan pertama setiap bulannya. Kegiatan itu meliputi enam wilayah di Paris antara lain Ile de la Cite, Ile Saint-Louis, Louvre, Opera, Chatelet, dan Marais.

Car free day di Paris akan aktif diberlakukan mulai 7 Oktober 2018, sehingga mobil dan motor hanya diizinkan melintasi jalan-jalan utama saja.

Pada periode 2017 hingga 2018, lalulintas mobil di pusat kota Paris turun 6 persen yang membuat polusi udara berkurang "dengan proporsi yang sebanding," demikian pernyataan Balai Kota Paris yang menggambarkan hal itu sebagai sebuah "rekor", demikian dilansir AFP.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
 
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar