Wagub Sulsel : pejabat harus bebas masalah aset

id andi sudirman sulaiman,wagub sulsel,pejabat harus bebas masalah aset

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (Humas Provinsi Sulsel)

Ini untuk menghindari adanya aset yang hilang setelah digunakan oleh pejabat
Makassar (Antaranews Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan para pejabat khususnya di lingkup pemerintah setempat harus bebas masalah aset.

"Harus ada surat keterangan bebas sangkut paut aset, harus ada kedisiplinan dalam aset," kata Andi Sudirman di Makassar, Selasa.

Untuk itu, kata dia, pihaknya telah meminta kepada para pejabat untuk melaporkan fasilitas negara yang dipakai, sejak awal menjabat sampai akhir jabatannya.

"Ini untuk menghindari adanya aset yang hilang setelah digunakan oleh pejabat," ujarnya.

Ia mengatakan ada beberapa aset yang rawan hilang atau disalahgunakan seperti laptop dan kendaraan dinas. Aset ini setelah dipakai oleh pejabat atau Aparatur Sipil Negara (ASN) sering tak terdeteksi keberadaannya.

Selain aset yang dikuasai ASN, ia juga meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mulai tertib aset, ?terutama persoalan aset berupa lahan. Pihaknya, kata dia, telah meminta pemangku kepentingan yang berwenang untuk melakukan inventarisasi.

"Banyak aset yang harus diinvetarisasi dulu," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Biro Aset dan Perlengkapan Setda Sulsel Nurlina mengakui ada beberapa lahan milik Pemprov yang belum bersertifikat. Terutama lahan yang merupakan pelimpahan dari instansi vertikal atau kabupaten-kota.?

"Inikan harus jelas sejarah asetnya, apalagi kalau hibah dan tak ada dokumennya, dikhawatirkan jadi persoalan baru," katanya. 
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar